nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Berkunjung ke 4 Negara di Asia Selatan, Ini Hasilnya!

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 21:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 15 320 1845409 jokowi-berkunjung-ke-4-negara-di-asia-selatan-ini-hasilnya-WUDL8fMFgE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat terkait rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah negara di Asia Selatan yakni India, Srilanka, Pakistan dan Bangladesh.

Usai rapat, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerangkan, Presiden akan mengunjungi empat negara di Asia Selatan, yaitu Pakistan, India, Srilanka dan Bangladesh memiliki potensi yang bisa dikembangkan bersama Indonesia. Di antaranya, kerjasama perdagangan, investasi dan kerjasama ekonomi cukup besar sekali.

"Oleh karena itu tadi di bawah koordinasi Pak Menko Ekonomi, karena memang fokusnya ekonomi masing-masing kementerian memberikan masukan mengenai kepentingan apa saja yang dikedepankan Indonesia selama kunjungan," tuturnya, di Kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Retno mengaku belum bisa mendetailkan hal-hal apa saja yang akan ditawarkan Indonesia keempat negara tersebut. Sebab, masih diformulasikan oleh kementerian masing-masing. Misalnya, sektor perdagangan Indonesia ke negara tersebut cukup besar dengan India, Bangladesh, dan Pakistan jumlahnya.

"Potensinya banyak sekali dan ada beberapa potensi kerjasama baru misalkan Bangladesh dengan PT INKA kan membuat gerbong kereta. Tahun 2016 sudah 150 gerbong, 2017 250 sehingga kita akan eksplore kerjasama baru yang di luar tradisi, pengiriman barang primer dan sebagainya akan kita kembangkan lebih lanjut," tuturnya.

Hanya saja, sambung Retno, detilnya menjelang kedatangan Presiden akan berangkat karena persiapan yang sedang dilakukan tidak bisa dibicarakan lebih detailnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini