nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiba di Laos, Jokowi Hadiri KTT ASEAN ke-28 dan 29

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 06 September 2016 08:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 06 20 1482308 tiba-di-laos-jokowi-hadiri-ktt-asean-ke-28-dan-29-Ng4usALC0j.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Tadi malam sekira pukul 21.45 waktu setempat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Wattay, Vientiane, Republik Demokrasi Rakyat Laos.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu langsung disambut oleh Kepala Protokol Negara Laos, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Laos Irmawan Emir Wisnandar, dan Atase Pertahanan RI untuk Laos Kolonel A.B Tiranda.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga ikut dalam rombongan menjelaskan, Jokowi akan berada di Laos selama 3 hari penuh. Dimana Jokowi akan mengikuti serangkaian kegiatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan beberapa kegiatan lainnya.

“Kalau saya hitung, dari pertemuan dan juga kegiatan-kegiatan lain yang juga dihadiri oleh Presiden, maka total kegiatan yang akan dilakukan adalah sekitar 19 kegiatan dalam 3 hari ke depan,” kata Retno seperti dilansir dari laman Setkab, Selasa (6/9/2016).

Pada KTT ini, lanjut Retno, Presiden Joko Widodo akan berbicara mengenai pentingnya perdamaian dan stabilitas keamanan serta menekankan kembali kesatuan dan sentralitas ASEAN. Pada pertemuan tingkat menteri ASEAN sebelumnya, lanjut Menlu, Indonesia mengadopsi Komunikasi Bersama dan juga ASEAN Statement mengenai masalah keamanan dan stabilitas kawasan.

“Untuk merespons dinamika yang baru, Indonesia perlu mengingatkan pentingnya untuk memperkokoh arsitektur keamanan kawasan,” imbuhnya.

Menurut Retno, hal itu merupakan satu pemikiran yang akan disampaikan oleh Indonesia, bagaimana semua terutama dalam konteks kawasan Asia Tenggara dapat memperkokoh apa yang sudah ada.

“Sehingga tidak muncul ketidakpercayaan yang mengakibatkan adanya potensi konflik, ketidakpercayaan yang kemudian memunculkan ketegangan-ketegangan,” tambahnya.

Dengan adanya stabilitas keamanan maka kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya dapat menikmati kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Itulah pesan utama Indonesia pada gelaran KTT ASEAN kali ini.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara dari Hangzhou Seskab Pramono Anung dan Kepala BKPM Thomas Lembong serta Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi. Sedangkan, para menteri yang menyambut di Vientiane adalah Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Mendag Enggartiasto Lukito, dan Kepala BIN Sutiyoso.

Presiden dan Ibu Negara RI dijadwalkan menginap di ASEM Villa, Vientiane. Sedangkan, para menteri dan delegasi yang lain menginap di Don Chan Palace, Vientiane. (dng)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini