nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPH Migas Kaji Ulang Harga Gas Bumi di 6 Kota

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 13:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 24 320 1849511 bph-migas-kaji-ulang-harga-gas-bumi-di-6-kota-LTT4qE5bcA.jpg BPH Migas (Foto: Ulfa Arieza/Okezone)

JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) telah mengeluarkan hasil evaluasi harga gas bumi untuk rumah tangga di enam kabupaten/kota. Adapun keenam kota tersebut meliputi Muara Enim, Pali, Mojokerto, Samarinda, Musi Banyuasin, dan Lampung.

Komite BPH Migas Hari Pratoyo mengatakan bahwa sebelum menetapkan harga gas bumi untuk rumah tangga perlu adanya keterbukaan bagi seluruh stakeholder terkait, baik dari pemerintah kabupaten/kota, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun lembaga. Sebelumnya, tiap kabupaten/kota serta pihak BUMN mengajukan harga kepada BPH Migas.

Kemudian, usulan tersebut dievaluasi oleh BPH Migas mengacu kepada Peraturan BPH Migas No.22/P/BPH Migas/VII/2011 tentang perhitungan harga berbasis pembiayaan/investasi pembangunan dan pengembangan infrastruktur jaringan gas.

"BPH migas tupoksinya menetapkan harga. Harga sudah dievaluasi sedemikian rupa terkait dengan beberapa aspek variabelnya yang diharapkan mendapatkan nilai optimum bagi semua pihak. Karena gas bumi tidak mudah dibawa dan langsung digunakan. Sehingga perlu infrastruktur yang betul comfirm sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas," ujarnya di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Dalam kesempatan tersebut, BPH Migas mengundang stakeholder terkait termasuk dari pemerintah kabupaten/kota, PT Perusahaan Gas Negara (PGN), PT Pertagas Niaga, dan lembaga perlindungan konsumen, YLKI.

BPH Migas mendengarkan masukan dari seluruh pihak. Selain mempertimbangkan kepentingan dari badan usaha, BPH migas juga menimbang kemampuan daya beli konsumen di masing-masing daerah.

"Pada prinsipnya semua operation maintenance di badan usaha nilainya sama yang membedakan adalah sumber gasnya. Jadi kita tidak melihat biaya operas, yang membedakan harga sumber gas di wilayah sumur yang berada di kabupaten," kata dia.

Berikut adalah hasil evaluasi awal untuk harga gas bumi di 6 kabupaten/kota:

1. Wilayah Muara Enim untuk RT 1 sebesar Rp4.750 dan RT 2 sebesar Ep6.650 dioperasikan oleh PT Pertagas Niaga.

2. Wilayah Pali untuk RT 1 sebesar Rp4.750 dan RT 2 sebesar Ep6.650 dioperasikan oleh PT Pertagas Niaga.

3. Wilayah Musi Banyuasin untuk RT 1 sebesar Rp4.900 dan RT 2 sebesar Ep6.850 dioperasikan oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

4. Wilayah Lampung untuk RT 1 sebesar Rp4.450 dan RT 2 sebesar Ep6.200 dioperasikan oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

5. Wilayah Mojokerto untuk RT 1 sebesar Rp4.350 dan RT 2 sebesar Ep6.100 dioperasikan oleh PT Pertagas Niaga

6. Wilayah Samarinda untuk RT 1 sebesar Rp4.400 dan RT 2 sebesar Ep6.200 dioperasikan oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini