Share

Tips Tetap Bahagia Meski Kerjaan Menumpuk

Agregasi Sabtu 24 Februari 2018 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 23 320 1863664 tips-tetap-bahagia-meski-kerjaan-menumpuk-K2TbJZsRXs.jpg

JAKARTA - Bekerja tidak seenak yang kita lihat. Banyak rintangan, gosip, dan drama yang akan ditemukan di dunia kerja. Ketatnya persaingan juga tidak bisa dihindari yang pada akhirnya berujung pada stres. Serumit apa pun situasi di tempat kerja saat ini, hadapi dengan tenang dan tetap berpikir positif agar semua masalah dapat teratasi dengan baik.

Berikut ini tips-tips yang perlu Anda lakukan agar tetap bahagia walaupun banyak masalah.

1. Atur Waktu dengan Baik

Satu minggu terdiri dari tujuh hari dan hari efektif untuk bekerja hanya lima hari, yaitu Senin-Jumat. Ketika weekend tiba, coba atur waktu dengan baik untuk berkumpul bersama keluarga. Kegiatan ini memang sepele, tapi sangat ampuh untuk mengatasi stres yang sedang melanda diri Anda.

Manfaatkan waktu ini untuk bercerita dan berbagi dengan keluarga. Jangan lupa untuk meminta bantuan atau saran agar hari-hari Anda di tempat kerja lebih baik dibandingkan sebelumnya.

2. Jujur pada Diri Sendiri

Saat stres melanda, coba tanyakan diri Anda, apa yang sebenarnya membuat Anda stres? Temukan jawabannya dan usahakan agar Anda jujur pada diri sendiri. Jika Anda tidak suka dan tidak nyaman bekerja di tempat saat ini, lebih baik untuk memutuskan resign. Namun, pengajuan surat resign perlu dipikirkan matang-matang agar tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

3. Having Fun

Hidup tidak melulu hanya bekerja dan bekerja. Anda juga butuh waktu untuk bersenang-senang bersama teman, sahabat, atau rekan kerja. Jika terus-menerus bekerja, yang ada Anda akan stres. Lagi pula manusia memiliki titik jenuh dan butuh yang namanya having fun untuk menjernihkan pikiran. Sisihkan waktu Anda setidaknya satu kali seminggu untuk bersenang-senang bersama rekan kerja.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup diperlukan untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar agar keesokan harinya Anda dapat bekerja secara maksimal tanpa rasa lelah yang berarti. Waktu tidur yang disarankan dokter, yaitu 7-8 jam per hari. Kurang dari jumlah ini, tidak disarankan karena dapat memicu penyakit yang merugikan diri sendiri.

5. Lakukan dengan Sepenuh Hati

Pekerjaan apa pun itu akan lebih enak jika dilakukan dengan sepenuh hati. Meskipun masalah ada di mana-mana, tugas menumpuk, dan hubungan dengan atasan juga tidak akur, semuanya harus dijalani dengan ikhlas tanpa bersungut-sungut. Sebab apa pun yang dilakukan dengan bersungut-sungut tidak akan membuahkan hasil yang baik. Anda juga tidak dapat berpikir jernih untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Tersenyum

Anda mungkin sering mendengar “satu senyuman dapat menghilangkan satu masalah”. Kata-kata ini betul adanya. Ketika masalah datang bertubi-tubi, jangan dibawa stres. Jalani, hadapi, berpikir positif, dan tetaplah tersenyum.

Walaupun senyum itu terasa sulit saat banyak masalah, Anda harus berusaha untuk melakukannya. Uniknya senyum ini tidak hanya berguna bagi diri Anda sendiri, tapi juga berguna bagi orang lain. Terutama mereka yang mengalami hal yang serupa dengan Anda.

7. Rekreasi

Di sela-sela kesibukan di tempat kerja, sempatkan waktu Anda untuk rekreasi bersama keluarga, teman, ataupun sahabat. Anda bisa memanfaatkan libur di hari pekan atau libur di hari-hari besar untuk rekreasi.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari rekreasi. Salah satunya ialah pikiran jadi lebih bersih dan tenang sehingga Anda dapat memikirkan jalan keluar atas masalah yang terjadi dengan baik.

8. Berdoa

Manusia adalah ciptaan Tuhan yang memiliki kemampuan yang terbatas. Ketika Anda mulai stres akibat masalah yang datangnya bertubi-tubi, berdoalah agar kekuatan dan pertolongan datang ke Anda. Serahkan diri Anda dan mintalah pertolongan dengan rendah hati.

Dijamin Sang Pencipta akan menuntun Anda mengatasi semua masalah yang datang. Lagi pula Tuhan tidak pernah membiarkan hamba-hambanya kesusahan. Jadi, jangan lupa berdoa ya!

Bahagia Itu Berasal Dari Diri Sendiri

Kebahagiaan berasal dari diri sendiri bukan dari orang lain. Artinya, Anda sendirilah yang menciptakan kebahagiaan. Anda juga yang menciptakan rasa stres. Jangan tenggelamkan diri Anda dalam berbagai masalah. Jangan juga menjadikan masalah semakin rumit. Lakukan tips-tips jitu di atas agar diri Anda terhindar dari stres karena pada dasarnya bahagia itu sederhana.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini