nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Rencana Liburan Hemat dan Nyaman, Nomor 4 Wajib Disimak

Agregasi Minggu 26 Agustus 2018 13:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 08 26 320 1941533 5-tips-rencana-liburan-hemat-dan-nyaman-nomor-4-wajib-disimak-4ePiThn9xb.jpg Ilustrasi Liburan (Foto: Stayinnercity)

JAKARTA – Buat kamu yang memiliki kesibukan super padat, tentu saja libur panjang menjadi momen terbaik untuk santai melepas penat. Liburan ke manapun terasa puas. Apalagi menghabiskan waktunya bersama keluarga atau sahabat, pasti makin seru.

Meskipun libur Natal dan Tahun Baru masih lama, tidak ada salahnya untuk merencanakannya dari sekarang. Mempersiapkan tujuan plesiran, mau di dalam atau luar negeri, menyusun itinerary (daftar tujuan) perjalanan, dan jangan lupa bujet yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa mulai menabung.

Tahu sendiri lah ya, saat musim puncak liburan atau libur panjang akhir tahun, semua biaya seperti pesawat, hotel, sewa kendaraan jadi lebih mahal. Jadi kamu perlu perencanaan dengan matang supaya liburan tetap maksimal tanpa bikin kantong jebol.

Kalau kamu sudah punya agenda liburan akhir tahun, berikut ini tips supaya liburan kamu hemat dan terasa nyaman yang di lansir dari cermati.com, Minggu (26/8/2018). Berikut tipsnya :

1. Tentukan Waktu dan Lamanya Liburan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat merencanakan liburan adalah menentukan waktu keberangkatan, serta berapa lama kamu akan menghabiskan waktu. Jangan anggap sepele karena hal tersebut berdampak pada tujuan, pemesanan tiket perjalanan, sampai hotel atau penginapan.

Bila kamu mendadak membeli tiket pesawat atau moda trasnportasi lain untuk pulang dan pergi, pesan hotel karena tidak ada persiapan, tentu saja akan berpengaruh pada biaya liburan kamu. Kalau terlalu lama berlibur pun, tidak baik untuk “kesehatan” dompet.

2. Susun Bujet yang Dibutuhkan

Setelah menentukan tanggal keberangkatan, kepulangan, serta lamanya liburan, selanjutnya kamu harus mulai menyusun target bujet yang dibutuhkan. Merinci mulai dari kebutuhan anggaran untuk beli tiket pesawat PP (Pulang-Pergi) atau moda transportasi lain, biaya penginapan, sewa kendaraan, tiket masuk objek wisata, biaya makan selama liburan, jajan, sampai bujet untuk membeli oleh-oleh.

Usahakan tidak melebihi target atau total bujet liburan yang sudah kamu tentukan. Hal ini penting supaya kamu tidak mengalami defisit keuangan pasca liburan. Tentunya pilih liburan yang sesuai dengan kemampuan bujet kamu. Jangan memaksakan untuk liburan mewah, menghabiskan dana besar, lalu setelah itu terpaksa berutang ke sana kemari demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

3. Pilih Tujuan Wisata yang Akan Dikunjungi

Supaya liburan kamu makin menyenangkan, pastikan memilih destinasi wisata terbaik. Kamu bisa melakukan riset sederhana, browsing di internet, atau bertanya ke teman tentang tempat-tempat wisata yang asyik buat dikunjungi. Jangan lupa untuk berpikir secara rasional dalam memilih tempat wisata terbaik.

(feb)

Jika memiliki target bujet yang lumayan besar dan waktu yang panjang, kamu bisa pergi ke destinasi wisata yang agak jauh dan sudah menjadi incaran kamu. Namun sebaliknya, bila memasang target anggaran yang minim, kamu bisa pilih destinasi wisata terdekat, tapi tetap seru. Jadi kamu harus bisa menyesuaikannya dengan bujet.

4. Persiapkan Transportasi dan Akomodasi Jauh-Jauh Hari

Penting sekali buat kamu mempersiapkan transportasi dan akomodosi beberapa bulan, bahkan setahun sebelum keberangkatan. Kenapa? Karena biasanya membeli tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, harganya bisa lebih murah. Tidak mau juga kan anggaran liburan kamu membengkak hanya gara-gara persoalan tersebut.

Selain itu, kamu juga tidak perlu takut untuk kehabisan tiket maupun penginapan karena sudah banyak di-booking orang. Kamu juga bisa mencari promo tiket dan hotel supaya makin hemat.

5. Mulai Menabung Agar Bujet Terkumpul

Jika semua sudah disusun dengan matang dan detail, kini saatnya mulai mengumpulkan dana khusus untuk liburan. Mulai persiapkan dari dini untuk mencegah terjadinya kebocoran pada keuangan kamu. Alokasikan 10% dari gaji kamu untuk biaya liburan akhir tahun. Tak hanya menabung, kamu bisa menyiasatinya dengan investasi berkala untuk biaya liburan. Semakin cepat memulai, maka akan semakin banyak dana yang terkumpul.

Jangan Tunda Lagi, Rencanakan Dari Sekarang

Kunci keberhasilan dari liburan yang seru dan menyenangkan adalah dengan merencanakannya sebaik mungkin. Mulailah mempersiapkannya minimal 2-3 bulan sebelum tanggal liburan yang sudah kamu tentukan. Lebih lama dari itu akan semakin baik. Yang penting konsisten menabung untuk mencapai target bujet.

Kalau uang sudah terkumpul, kamu bisa liburan dengan nyaman tanpa beban keuangan. Stres hilang setelah liburan, isi dompet pun aman. Selamat mencoba!

 

(feb)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini