nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua KEIN Resmikan Program Ekspedisi Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi untuk Maluku

Hessy Trishandiani, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 14:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 06 11 1883085 ketua-kein-resmikan-program-ekspedisi-zakat-dan-pemberdayaan-ekonomi-untuk-maluku-Gp6Z77WYH1.jpg Peresmian Program Ekspedisi Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi untuk Maluku (Foto: Dok. KEIN)

AMBON - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir meresmikan sebuah program bernama Ekspedisi Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi untuk Maluku. Sebuah program yang dirancang untuk menjawab berbagai permasalahan yang terjadi di provinsi Maluku baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, Infrastruktur dasar dan pemberdayaan ekonomi khususnya untuk nelayan dan petani.

Program yang berfokus pada akses kesehatan dan pemberdayaan ekonomi bagi nelayan dan petani ini diharapkan dapat mengurangi ketimpangan dan kemiskinan di Provinsi Maluku. Lebih jauh, program ini juga melakukan pemberdayaan kepada petani dan nelayan dalam bentuk pendampingan, edukasi dan akses modal sehingga kapasitas sumber daya manusia (SDM), manajemen usaha dan kualitas produksi dari petani dan nelayan bisa meningkat dengan adanya program ini.

KEIN beranggapan sebagai daerah kepulauan Provinsi Maluku memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi tinggi sampai saat ini belum bisa digarap maksimal, karena minimnya infrastruktur dan pemberdayaan yang yang dilakukan kepada para petani dan nelayan.

Maka dari itu, KEIN akan membantu mengembangkan Potensi ini sehingga diharapkan dapat diberdayakan secara maksimal sehingga meningkatkan perekonomian wilayah. Selain itu,  Pertumbuhan ekonomi sebagai sasaran yang ingin dicapai Pemerintah Provinsi Maluku harus bisa meningkatkan pendapatan perkapita dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara KEIN, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU). Program Ekspedisi Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi untuk Maluku ini sejalan dengan komitmen KEIN dalam hal mengatasi ketimpangan ekonomi di Indonesia. Selain itu, Program Ekspedisi Filantropiuntuk Maluku ini memiliki dasar pemikiran yang sama dengan Konsep Ekonomi Umat yang bertujuan untuk menyejahterakan dan memberdayakan  umat khususnya petani dan nelayan.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini