Cegah Skimming, BI Minta Perbankan Segara Ubah Kartu Chip

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 09 April 2018 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 09 320 1884278 cegah-skimming-bi-minta-perbankan-segara-ubah-kartu-chip-Faa3g8fzp8.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - ‎Bank Indonesia (BI) meminta perbankan nasional untuk segera mempercepat penggunaan chip pada kartu debit. Hal itu dilakukan guna mencegah maraknya kejahatan skimming.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, penggunaan chip pada kartu debit bakal dilakukan secara bertahap. Pasalnya, jika dilakukan secara serentak maka akan membuat beban perbankan menjadi besar.

"‎Tetapi karena adanya kejadian-kejadian skimming dan lain-lain kita ingin dipercepat dan ini yang kita sudah bicarakan dipercepat," ujar Agus di komplek Istana Negara, Senin (9/4/2018).

Agus menilai, respons perbankan saat ini cukup baik dengan adanya ketersediaan kartu debit yang telah menggunakan chip tersebut.

"Jangan sampai beramai-ramai konversi dan tidak tersedia stock-nya, jadi kita mesti yakinkan ada keseimbangan," ucap Agus.

ia memastikan, bahwa penggunaan logo Garuda dalam kartu debit akan terlaksana sebanyak 80 persen dalam kartu debit nasional.

"Sejak 1 Januari sudah di launching, nanti di April ini didorong lebih kuat," ujar Agus.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini