Image

Bank Mandiri Kucurkan Rp2,5 Triliun untuk Biayai Ruas Tol Semarang-Batang

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 278 1887647 bank-mandiri-kucurkan-rp2-5-triliun-untuk-biayai-ruas-tol-semarang-batang-VuDRAfcDwQ.jpg Kerjasama pembiayaan Jalan Tol Batang-Semarang (Foto: Yohana Artha Uly/Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga Semarang Batang melakukan penandatanganan kerjasama dengan perbankan untuk ikut dalam membiayai pembangunan ruas tol Batang-Semarang. Nilai proyek sebesar Rp11,04 triliun tersebut sebanyak Rp7,731 triliun merupakan sindikasi dari perbankan.

Dalam pembiayaan ini, ada enam perbankan yang ikut serta PT Sarana Multi Infrastruktur. Untuk perbankan, PT Bank Mandiri memberikan kucuran dana terbesar yakni mencapai Rp2,5 triliun dengan porsi 32,34% dari total pinjaman sindikasi bertenor 15 tahun kemudian disusul PT BCA Tbk sebesar Rp2 triliun.

"Kami menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan PT Jasa Marga Semarang Batang kepada sindikasi bank untuk jadi mitra dalam pembagunan dan pengembangan jalan tol di Indonesia khsusunya di wilayah Jawa. Kami berharap kaloborasi ini dapat terus berkembang dalam kerjasama finansial maupun non finansial di masa mendatang," ungkap Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Yusak Silalahi di Kantor Jasa Marga, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

 

(Foto: Lidya Sembiring/Okezone)

Menurutnya, penyaluran kredit ini menjadi implementasi konsistensi perseroan dalam mendukung sinergi antar BUMN pada program-program strategis Pemerintah, khususnya dalam percepatan penyediaan infrastruktur utama.

"Bank Mandiri memiliki komitmen yang kuat dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur penting, seperti pembangunan jalan tol, dan pembangunan bandara maupun pelabuhan laut. Untuk itu, kami memiliki produk-produk pembiayaan yang bisa dimanfaatkan, termasuk pada tahap pembebasan lahan, pembangunan konstruksi maupun tahap pengoperasian," jelasnya.

Adapun nilai kredit sebesar Rp7,731 triliun ini gabungan dari PT Bank Mandiri sebesar Rp2,5 triliun, PT BCA Rp2 triliun, PT Cimb Niaga Rp1,1 triliun, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp850 miliar, KEB Hana Bank Rp550 miliar, Panin Bank Rp400 miliar, dan Bank Jateng Rp331 miliar.

Untuk pembiayaan dari kredit ini diberi tenor selama 15 tahun dengan bunga ATD plus 4% atau setara 9,08%.

Selain itu, Bank Mandiri juga telah memberikan komitmen pembiayaan untuk pembangunan tol senilai Rp14,2 triliun untuk 14 ruas tol sepanjang 592 km yang tengah dibangun, dengan realisasi penyaluran sebesar Rp7,6 triliun hingga Desember 2017.

"Hampir 75% kehadiran Bank Mandiri dalam berbagai proyek jalan tol tersebut direalisasikan secara sindikasi, baik dengan bank BUMN, bank swasta, maupun lembaga keuangan non bank. Hal ini merupakan salah satu strategi ini untuk mengelola risiko dan menjaga kualitas pembiayaan kami," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini