Image

RPP E-Commerce Segera Disahkan, Transaksi Jual-Beli Online Bisa Diawasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 18 Mei 2018 21:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 18 320 1900058 rpp-e-commerce-segera-disahkan-transaksi-jual-beli-online-bisa-diawasi-mMv5Xs4w4f.jpg Belanja online (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPSME) atau e-commerce segera naik meja Presiden pada pekan depan. Kepastian tersebut didapatkan karena masih menyisakan pembahasan satu kali lagi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, jika RPP ini menjadi PP maka produk-produk dalam negeri bisa lebih terjamin. Karena pemerintah mewajibkan kepada para pelaku e-commerce untuk menyerap mayoritas produk-produk dalam negeri.

"Difokuskan adalah bagaimana mengembangkan produk lokal bagaimana kita protect dari segala macam dan reporting kepentingan data," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

belanja

Selain itu lanjut Ros, pemerintah juga bisa mengawasi transaksi yang masuk dan di beli oleh masyarakat dengan adanya aturan ini. Artinya seluruh pembelian, jumlah produk lokal yang dijual bisa diawasi langsung eh pemerintah.

"Kan kita harus tahu berapa transaksi yang masuk dan barang apa saja yang dibeli masyarakat kan kita harus tahu. Perkembangannya, potensial," jelasnya.

Selama ini lanjut Ros, pemerintah kesulitan menangkap transaksi dari jual beli e-commerce. Bahkan total nilai investasinya e-commerce yang masuk pun tidak bisa terdeteksi.

belanja

Hal tersebut dikarenakan masih belum ada data uang jelas terkait perusahaan e-commerce yang terdaftar di Indonesia. Karena ada beberapa perusahaan e-commerce yang sudah berjalan operasional namun belum memiliki izin.

"Kita tidak bisa nangkep dan beberapa penyelenggara jasa itu belum memiliki izin dari instansi berwenang. Nah oleh karena itu, kita rapihkan. Kalau usaha ini harus ada izin. Barang yang diperdagangkan saja apa, apa kah berguna bagi masyarakat kita dan bagaimana produk kita harus bisa diketahui," jelasnya.

 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini