nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Mengejutkan Mundurnya Bos Bank Dunia

Rany Fauziah, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 06:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 10 20 2002745 fakta-mengejutkan-mundurnya-bos-bank-dunia-rp6Knv6x0v.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim resmi mengundurkan diri pada Februari mendatang. Pengunduran dirinyt dilakukan di dua tahun sebelum masa jabatannya habis.

Pengunduran dirinya tersebut tidak terduga, setelah lebih dari enam tahun bertahan di lembaga pemberi pinjaman internasional tersebut.

Berikut fakta-fakta mengenai kemunduran Jim Yong Kim, yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (12/1/2019).

1. Pengunduran Diri Jim Yong Kim Tidak Terduga

Pengunduran diri Kim dari Bank Dunia tidak terduga, karena dia ditunjuk untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai presiden bank pembangunan multilateral itu pada 2016.

Baca Juga: Bos Bank Dunia Mengundurkan Diri, Sri Mulyani: Kita Harus Hormati

2. Menjadi Presiden Bank Dunia Sejak 2012

Kim pertama kali menjadi presiden Bank Dunia ke-12 pada 1 Juli 2012. Sebelum menduduki jabatan tersebut, dia menjabat sebagai presiden lembaga akademik terkenal di Amerika Serikat, Dartmouth College.

"Merupakan kehormatan besar menjadi Presiden lembaga luar biasa ini, penuh dengan individu bersemangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita," kata Kim.

3. Kim Akan Bergabung dengan Perusahaan Lain

Kim yang sebelumnya mengambil alih kepemimpinan pemberi pinjaman global ini pada 2012 akan bergabung dengan perusahaan yang belum disebutkan namanya. Perusahaan itu berfokus pada investasi di negara-negara berkembang.

Baca Juga: Kenangan Bos Bank Dunia Jim Yong Kim di Indonesia

4. Jabatannya Digantikan oleh CEO Bank Dunia

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva nantinya akan menjabat sebagai presiden sementara untuk mengisi kekosongan setelah Kim mundur per 1 Februari 2019 mendatang.

5. Menanggapi Pengunduran Diri Kim, Sri Mulyani Hormati Keputusannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghormati keputusan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim untuk mundur dari jabatannya.

“Karena ini sesuai dengan apa yang beliau bayangkan, akan lebih banyak berguna bagi negara-negara berkembang di dunia, saya rasa keputusan Presiden Kim dihormati saja,” ujarnya.

Sebagai salah satu anggota Bank Dunia, Sri Mulyani berharap lembaga ini dapat dijaga dari sisi visi, misi untuk menjaga fungsinya dan terus meningkatkan pemerataan dan kesejahteraan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini