nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mega Perintis Siapkan Capex Rp30 Miliar

Kamis 17 Januari 2019 14:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 17 278 2005753 mega-perintis-siapkan-capex-rp30-miliar-hm3WFPMkLX.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Rencanakan membuka 20 gerai baru tahun ini guna memenuhi target penjualan sebesar 14%-15% menjadi Rp509 miliar, PT Mega Perintis Tbk (ZONE) telah menganggarkan belanja modal atau capex untuk mendukung operasional sebesar Rp30 miliar.

Direktur Utama ZONE, FX Afat Adinata Nursalim mengatakan, sumber belanja modal akan didanai dari hasil IPO dan kas internal. Emiten ritel pemilik gerai fesyen pria Manzone dan MOC akan menggarap pasar di luar Jawa dengan strategi mempercepat rantai pasok dan mengalokasikan produk yang cocok untuk konsumen luar pulau Jawa.“Diharapkan dengan strategi ini bisa mendorong pendapatan di luar Jawa lebih besar lagi,” ujarnya dilansir dari Harian Neraca, Kamis (17/1/2019).

Baca Juga: Melantai di Bursa, Saham Distributor Nike Langsung Naik 49,66%

Disampaikannya, selama ini kontribusi pemasaran pulau Jawa masih menyumbang sekitar 55% dan luar pulau Jawa sebesar 45%. Tahun ini, lanjut FX Afat Adinata, perseroan memproyeksikan kinerja akan lebih bagus dibanding tahun lalu. Bila pemilu lancar dan kondusif, maka setelah pemilu biasanya ekonomi akan naik. Sebagai informasi, tahun ini perseroan akan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 10%. Adapun saat ini kapasitas maksimal pabrik perseroan mencapai 2,4 juta pakaian per tahun.

Kata FX Afat Adinata Nursalim,tingkat utilisasi pabriknya masih sekitar 80% sehingga masih ada ruang peningkatan yang bisa dilakukantahun depan. “Utilisasi pabrik baru sebesar 80%. Kami ada satu pabrik di Pemalang, Jawa Tengah. Penambahan yang kami lakukan di lokasi sama, pengembangan yakni penambahan line produksi,"ujarnya.

grafik

Disampaikannya, peningkatan kapasitas produksi seiring dengan rencana perusahaan menambah 20 gerai baru di 2019. Sehingga, total pada tahun ini menjadi 132 gerai. Tahun 2019 perusahaan berencana menambah jumlah gerai dengan nilai investasi senilai Rp1-1,5 miliar per gerai. Dananya berasal dari hasil IPO dan kas internal perusahaan. Kemudian, untuk mengembangkan konsep toko digital, dana yang dikeluarkan kisaran Rp30-40 juta per toko.

Mega Perintis memiliki tiga jenis bisnis utama, yakni perdagangan ritel, garmen dan trading melalui anak-anak usahanya PT Mitrelindo Global, Mega Putra Garment dan PT Mitra Perintis Merdeka. Perusahaan ini memasarkan produk dengan merk Manzone, MOC, Men's Top dan sebagai salah satu distributor sepatu olahraga merk Nike.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini