nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Anak Usaha BUMN Bakal IPO di 2019

Jum'at 18 Januari 2019 12:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 18 278 2006193 3-anak-usaha-bumn-bakal-ipo-di-2019-Tawx8e6may.jpg Ilustrasi: Shutterstoc

JAKARTA - Menyadari masih sedikitnya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang go public atau tercatat di pasar modal, mendorong Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk anak usaha BUMN go public. Tahun ini, Kementerian BUMN menargetkan setidaknya tiga anak usaha BUMN dapat melantai di Bursa Efek Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengungkapkan, terdapat beberapa entitas anak usaha pelat merah yang telah meminta izin untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO). Akan tetapi, pihaknya masih melihat dan mempertimbangkan kondisi pasar. ”Kalau IPO tahun ini, mungkin tiga anak usaha. Paling maksimum 3 tahun ini,” ujarnya dilansir dari Harian Neraca, Jumat (18/1/2019).

Baca Juga: IPO, Capri Nusa Satu Lepas 20% Saham

Menurut analis Semesta Indovest, Aditya Perdana Putra, kesuksesan IPO entitas anak perseroan pelat merah bergantung kepada beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi yakni tren indeks harga saham gabungan (IHSG) pada 2019. ”Kalau IHSG kuat dan stabil, dari kondisi market berita domestik dan eksternal kondusif maka gelaran IPO BUMN anak bisa laku,” jelasnya.

Dia juga menyarankan agar melihat kondisi sektoral dari calon emiten. Kebijakan dari sisi tersebut akan mempengaruhi atensi investor untuk membeli saham IPO BUMN anak. “Momentum yang tepat bisa setelah pemilihan umum atau kondisi market sedang bullish karena banyaknya sentimen positif di pasar jadi IPO bisa laku,” tuturnya.

IHSG Menguat 0,57 Persen ke Posisi 6.152,86  

Asal tahu saja, sejumlah calon emiten anak BUMN menunda pelaksanaan IPO pada 2018. Dari sekitar 10 perseroan yang menyatakan minatnya, hanya 3 yang mengeksekusi aksi korporasi tersebut dan 1 hanya melakukan pencatatan saham di BEI. Adapun, emiten baru tahun lalu dari entitas anak BUMN yakni PT BRI Syariah Tbk, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk., PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk dan PT Phapros Tbk. yang melakukan pencatatan perdana saham di Bursa Efek Indonesia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini