nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mana yang Lebih Untung, Sewa Apartemen Bulanan atau Tahunan?

Sabtu 02 Februari 2019 07:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 01 470 2012688 mana-yang-lebih-untung-sewa-apartemen-bulanan-atau-tahunan-zIsbvV3bqv.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Saat ini, apartemen menjadi jenis hunian yang banyak diburu oleh masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Mahalnya harga rumah di pusat kota menjadi alasan mengapa apartemen menjadi opsi yang tepat sebagai tempat bernaung.

Selain dibedakan berdasarkan ukuran ruangan, tipe apartemen juga dibedakan menurut sistem pembayarannya. Ada apartemen bulanan dan tahunan.

Nah, bagi Anda yang tengah mencari apartemen, kini ada platform Orento yang memudahkan Anda untuk menemukan hunian idaman secara praktis.

 Baca Juga: Miliarder Ini Beli Apartemen Termahal, Harganya Rp3,3 Triliun

Sebelum menentukan pilihan, pernahkah Anda berpikir mana yang lebih untung antara sewa apartemen bulanan dengan sewa apartemen tahunan? Supaya lebih jelas, simak penjelasan berikut ini seperti dikutip Orento, Jakarta, Sabtu (2/2/2019).

1. Sewa Apartemen Bulanan

Apartemen bulanan sifatnya lebih fleksibel. Mengapa demikian? Misalkan Anda sering berpindah-pindah lokasi kerja dari satu kota ke kota lainnya, Anda tak perlu menunggu satu tahun atau jika terpaksa harus pindah sebelum satu tahun, Anda tak akan dikenakan denda karena melanggar kontrak.

Inilah yang menjadi keuntungan paling menonjol dari apartemen bulanan. Sayangnya mencari apartemen dengan sewa bulanan terbilang susah karena umumnya apartemen disewakan secara tahunan.

2. Sewa Apartemen Tahunan

Dibanding apartemen bulanan, harga sewa apartemen tahunan terbilang lebih stabil. Dengan sistem sewa tahunan artinya Anda tak perlu ribet mengatur pengeluaran untuk sewa apartemen tiap bulannya.

 Baca Juga: Ini Langkah Sewa Apartemen Murah di Jakarta

Namun, bagi Anda yang menggunakan sistem sewa tahunan, alangkah baiknya untuk memperhatikan lingkungan sekitar sebelum memilih. Bila dalam beberapa waktu setelah pindah ke apartemen tahunan ternyata lingkungan terasa tidak nyaman, sesuai dengan perjanjian sewa menyewa, Anda tidak bisa langsung pindah ke unit lain melainkan harus menunggu waktu sewa habis atau membayar denda.

Itulah penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian antara sewa apartemen bulanan dan tahunan. Apa pun jenis sistem pembayarannya yang terpenting adalah selalu perhatikan segala persyaratan yang tertulis pada dokumen perjanjian sewa menyewa.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini