nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HSF Jadi Pengendali Baru Saham Kirana Megatara

Kamis 14 Februari 2019 11:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 278 2017801 hsf-jadi-pengendali-baru-saham-kirana-megatara-yLrpCJj0R1.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - HSF (S) Pte. Ltd. (HSF) tercatat menjadi pengendali saham baru PT Kirana Megatara Tbk (KMTR) melalui penerapan penerbitan saham baru atau rights issue yang dilakukan perusahaan.

Disebutkanm HSF memiliki sebanyak 4.145.556.744 saham yang mewakili 50,46% modal ditempatkan dan disetor dalam perusahaan pengolahan karet dan perkebunan.

Informasi tersebut disampaikan perusahaan dalam siaran persnya seperti dikutip Harian Neraca, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

 Baca Juga: Kirana Megatara Incar Rp583 Miliar dari Rights Issue

Disebutkan, perubahan dalam pengendalian perseroan sehubungan dengan telah dilaksanakannya Penawaran Umum Terbatas I (PUT I) dalam rangka penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu dan penjatahan atas PUT I tersebut pada 11 Februari 2019.

Perusahaan mengungkapkan, HSF tidak memiliki hubungan afiliasi dengan pengendali lama perseroan yaitu PT Triputra Persada Megatara.

Belum lama ini, KMTR itu telah melaksanakan penambahan modal dengan skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Perseroan menawarkan 1,1 miliar saham baru dengan nominal Rp100 dan harga pelaksanaan sebesar Rp530.HMETD tersebut telah dicatatkan pada 30 Januari 2019 dengan masa perdagangan HMETD mulai 30 Januari - 6 Februari 2019.

Perusahaan juga mengungkapkan, dana yang diterima dari pergelaran rights issue akan digunakan untuk beberapa kebutuhan.

 Baca Juga: Kirana Megatara Alokasikan 22% Dana IPO untuk Lunasi Utang

Pertama, sekitar 45% atau sebesar maksimal Rp260 miliar akan digunakan untuk meningkatkan penyertaan modal pada entitas anak perseroan yaitu PT Kirana Musi Persada.

Selain itu, dana rights issue jugaakan digunakan untuk membayar harga pembelian saham PT Bintang Agung Persada dari R1 Rubber Ventures Pte. Ltd. sebesar Rp240 miliar, sehubungan dengan rencana pengambilalihan 80% saham Bintang Agung Persada oleh Kirana Musi Persada.

Sementara itu, sebesar Rp20 miliar akan digunakan untuk keperluan modal kerja Kirana Musi Persada. Kedua, sisa dari dana rights issueakan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan yaitu keperluan modal kerja, pembayaran gaji, sewa kantor, dan operasional lainnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini