nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani: Kita Perlu Perbaiki Definisi BLU

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 13:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 26 20 2022959 sri-mulyani-kita-perlu-perbaiki-definisi-blu-3rcwnucvvx.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar Badan Layanan Umum (BLU) bisa terus berkembang dan meningkatkan pelayanannya. Apalagi BLU sendiri hingga saat ini sudah memasuki usia 15 tahun.

Sebab menurutnya, ada beberapa hal yang perlu di-improve oleh masing-masing BLU. Seperti misalnya adalah bagaimana BLU perlu untuk memperbaiki dari BLU-nya itu sendiri.

"Saya menekankan untuk BLU yang didirkan sejak Undang-Undang Perbendaharaan negara itu entitas yang relatif baru meski berusia 15 tahun kita perlu untuk terus memperbaiki definisi BLU," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

 Baca Juga: Sri Mulyani Minta BLU Tak Hanya Cari Keuntungan

Kemudian yang perlu diperbaiki adalah bagaimana kriterianya dan kinerja dari BLU itu sendiri. Kriteria dan kinerja BLU harus bisa mengedepankan pelayanan, dan kreativitas agar bisa menghasilkan produktifitas yang tinggi.

"Sehingga BLU ini benar-benar mencapai tujuannya yakni entitas yang melakukan pelayanan," ucapnya.

Sri Mulyani juga meminta kepada BLU untuk jangan hanya berfokus untuk mencari untung. BLU juga diminta jangan lupa dengan fungsi awalnya sebagai penjamin agar masyarakat biasa terlayani secara maksimal.

Sebab, BLU merupakan suatu instansi yang dimiliki pemerintah yang berfungsi melayani masyarakat. Instansi tersebut misalnya, rumah sakit negeri, perguruan tinggi negeri, hingga bandara.

"BLU bukan entitias mencari keuntungan meski pendapatan kita di 2018 BLU mencapai 128% dari targetnya. ‎Walaupun dapat itu tidak berarti BLU kejar-kejaran cari keuntungan karena BLU didesain untuk pelayanan," katanya.

 Baca Juga: Sri Mulyani: BLU Kesehatan Jangan Komersialisasi, Apalagi Money Oriented!

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, BLU juga harus memperbaiki tata kelolanya. Dan terakhir, BLU juga dituntut untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas dari entitas itu sendiri.

"Oleh karena itu kita perlu makin memperbaiki tata kelola bisnis model dan kinerja dari BLU. Sehingga BLU benar benar mencapai tujuannya yakni entitas yang melakukan pelayanan ," katanya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini