nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Industri Jasa Boga Harus Siap Hadapi Era Digital 4.0

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 22:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 320 2026797 industri-jasa-boga-harus-siap-hadapi-era-digital-4-0-6XK12D9WOU.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Asosiasi Perusahan Jasa Boga Indonesia (APJI) mendorong seluruh anggotanya untuk siap menghadapi era digital 4.0. Tujuannya agar bisa bersaing dan mempunyai nilai lebih.

Ketua Umum DPP APJI Rahayu Setyowati mengatakan, saat ini sebagian besar anggota APJI merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upaya APJI untuk menyiapkan era digital 4.0 yaitu melalui sejumlah pelatihan dan sosialisasi.

“Saat ini anggota APJI mencapai 15.000 pelaku usaha jasa boga yang tersebar di seluruh Indonesia, sebagian besar memang UMKM, untuk itu kami terus mendorong mereka agar siap menghadapi era digital,” kata Rahayu dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

 Baca Juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0, Presiden: Kita Tidak Perlu Takut

Menurutnya, APJI akan terus berinovasi dalam menghadapi era teknologi dan era global. Semakin banyak masuknya aneka makanan dan masakan dari berbagai negara yang bukan tidak mungkin akan merubah citra rasa masakan Indonesia. Sehingga masyarakat akan lebih menyukai makan fast food dan lambat laun akan merubah selera makan menjadi selera makan asing atau impor.

“Tantangan lainnya adalah perkembangan teknologi informasi melalui 4.0 yang perlu untuk kita implementasikan melalui program nyata APJI ke depan,” ujarnya.

 Baca Juga: Revolusi Industri 4.0, BPS Siapkan Satu Data

Untuk itu, menurut Rahayu, APJI berkomitmen untuk secara bersama-sama membantu pemerintah menjadikan makanan Indonesia jadi tuan di negeri sendiri. Dia berjanji APJI periode 2019-2024 akan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas untuk masyarakat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini