nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Darmin: Ekonomi RI Kebal dari Gejolak Turki dan Argentina

Jum'at 29 Maret 2019 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 29 20 2036756 menko-darmin-ekonomi-ri-kebal-dari-gejolak-turki-dan-argentina-UjMeKcQru1.jpg Foto: Menko Darmin (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kondisi perekonomian nasional tidak terdampak oleh tekanan eksternal yang terjadi akibat gejolak di Turki dan Argentina.

Darmin mengatakan, saat ini indikator ekonomi makro dalam keadaan terjaga dan stabil sehingga tidak rentan dari kondisi global.

"Kita pertumbuhannya oke, inflasinya oke, penurunan tingkat kemiskinan oke, gini rasio turun, tingkat pengangguran turun," katanya saat ditemui seperti dikutip Antaranews di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

 Baca Juga: BI: Stabilitas Keuangan Domestik Terjaga walau Ada Gejolak Turki-Argentina

Meski, Darmin mengakui masih ada persoalan utama di sektor ekonomi yaitu defisit neraca perdagangan yang terjadi akibat kinerja ekspor yang melambat.

Namun, kondisi neraca pembayaran dalam keadaan baik yang ditandai dengan masuknya aliran modal seiring redanya sentimen kenaikan suku bunga The Fed.

Secara keseluruhan, menurut dia, belum ada hal yang patut dikhawatirkan karena fundamental ekonomi masih dalam kondisi sehat.

"Spill over terjadi kalau Anda ada sakitnya," kata Darmin.

 Baca Juga: BI Pastikan Tak Ada Gejolak Ekonomi Jelang Pilpres

Sebelumnya, perekonomian global dalam sepekan terakhir diwarnai tekanan likuiditas mata uang lira, Turki, menyusul intervensi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di pasar uang negara setempat.

Selain itu, gejolak ekonomi juga terjadi di Argentina seiring dengan merosotnya nilai peso.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini