nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alam Sutera Raup Penjualan Rp880 Miliar di Kuartal I-2019

Rabu 10 April 2019 11:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 278 2041462 alam-sutera-raup-penjualan-rp880-miliar-di-kuartal-i-2019-YOJLsLlpTO.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Penjualan bisnis properti PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) laris manis terjual di kuartal pertama 2019. Di mana perseroan berhasil mengantongi marketing sales senilai Rp880 miliar atau 18% dari target tahun ini sebesar Rp5 triliun.

Informasi tersebut mengutip riset Kim Eng Sekuritas seperti dilansir Harian Neraca, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dalam risetnya dijelaskan, marketing sales yang dibukukan oleh Alam Sutera terbilang cukup kuat. Namun, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, marketing sales ASRI pada kuartal I/2019 mencatatkan penurunan hingga 38%. Disebutkan, marketing sales yang kuat sebagian besar berasal dari unit-unit proyek yang ada yang tidak terjual di Serpong dan Pasar Kemis.

 Baca Juga: Anak Usaha Alam Sutera Terbitkan Surat Utang Rp2,52 Triliun

Pada kuartal I/2019, ASRI tidak melakukan peluncuran besar. Perseroan bakal meluncurkan proyek baru usai Lebaran. Maybank Kim Eng Sekuritas merekomendasikan beli saham ASRI dengan target harga Rp410 per saham.

Sebagai informasi, untuk memenuhi target penjualan tahun ini, perseroan terus mengembangkan dua proyek yang terletak di Kawasan Alam Sutera Serpong dan Suvarna Sutera, Pasar Kemis, Tangerang dengan membidik segmen menengah atas. Sedangkan untuk Suvarna Sutera akan menyasar segmen kelas menengah.

Untuk memuluskan ekspansi tersebut, ASRI menyiapkan belanja modal sebesar Rp500 miliar-Rp 800 miliar. Tony Rudiyanto, Sekretaris Perusahaan ASRI pernah bilang, dana tersebut akan dipakai untuk pembelian tanah di wilayah Alam Sutera dan Pasar Kemis.

"Tanahnya akan dipakai untuk proyek pembangunan yang akan disesuaikan dengan permintaan dari masyarakat. Bisa saja ke pembangunan residence, subhouses, apartemen atau rumah kavling," paparnya.

 Baca Juga: Alam Sutera Diuntungkan Penghapusan Pajak Ganda

Adapun total landbank ASRI saat ini seluas 2.200 hektare (ha). Belum lama ini, Alam Synergy Pte Ltd (ASPL) yang merupakan anak usaha PT Alam Sutera Realty Tbk menerbitkan surat utang dalam mata uang asing sebesar USD175 juta atau setara Rp2,52 triliun dengan bunga 11,5%.

“Sebagian dana hasil penerbitan surat utang akan digunakan untuk melunasi sebagian surat utang ASPK yang jatuh tempo 2020," kata Tonny Rudiyanto.

Sepanjang tahun 2018 kemarin, perseroan mencatatkan penjualan pemasaran atau marketing sales yang cukup memuaskan pada tahun lalu atau mencapai Rp4,3 triliun. Jumlah ini melampaui target perusahaan sebesar Rp4 triliun.

Kata analis Maybank Kim Eng Sekuritas, Aurellia Setiabudi, positifnya marketing sales ASRI di tahun lalu didorong oleh peluncuran proyek apartemen Lloyd di kawasan Serpong. Apartemen ini menerapkan konsep low rise dan diperuntukkan untuk end user atau konsumen yang benar-benar membutuhkan tempat tinggal.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini