nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres: Perubahan Zaman Harus Ditanggapi Pengusaha dengan Cepat

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 15 April 2019 10:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 15 320 2043596 wapres-perubahan-zaman-harus-ditanggapi-pengusaha-dengan-cepat-DAHQ9w1koW.jpg Foto: Okezone

TANGERANG - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara Indonesia Industri Summit (IIS) 2019. Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengatakan, event ini sangat penting bagi pelaku industri. Apalagi di tengah perubahan zaman yang begitu cepat, di mana semuanya menuju ke arah digital.

"Saya berterima kasih kepada Kemenperin. Perubahan terjadi harus ditanggapi dengan cepat," ujarnya dalam Acara Indonesia Industri Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/4/2019).

Baca Juga: Pengusaha Tangkap Peluang Besar di Industri 4.0

Menurutnya cepatnya perkembangan teknologi tidak bisa dihindari dan ditolak. "Dalam situasi seperti saat ini untuk menanggapi teknologi yang semakin berkembang tidak bisa dihindari dan ditolak dengan cara memanfaatkan teknologi," katanya.

Jusuf Kalla menambahkan, adanya acara ini diharapkan seluruh pelaku usaha bisa bersama-sama memajukan sektor industri. Sehingga bisa berkontribusi terhadap perekonomian negara.

"Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan penghargaan dan juga harapan. Kita bersama-ama para pengusaha, ahli, teknologi secara bersama perusahaan yang besar," jelasnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan IIS 2019 sendiri mengambil tema “Implementasi Making Indonesia 4.0 Menuju Indonesia Menjadi Negara 10 Besar Ekonomi Dunia”. Tema ini diambil bertujuan memberikan gambaran mengenai perjalanan penerapan peta jalan tersebut selama satu tahun penerapannya.

Baca Juga: Era Industri 4.0 Ciptakan Pengangguran, Apa Langkah Jokowi-Prabowo?

Indonesia Industrial Summit 2019 diselenggarakan pada 15-16 April 2019 di Indonesia Convention Exhibition BSD Tangerang. Kegiatan ini merupakan forum konsolidasi para pemangku kepentingan untuk membangun rumusan bersama mengenai langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan dalam mengakselerasi transformasi digital sektor industri manufaktur.

IIS 2019 dihadiri oleh hingga 5.500 peserta yang terdiri dari para pelaku industri, pengelola kawasan industri, asosiasi industri, pelaku IKM dan start-up sektor industri, para Duta Besar negara sahabat, Pejabat Kementerian/Lembaga terkait, Gubernur, Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta akademisi dan praktisi.

Pertemuan ini juga diisi dengan Forum Strategis yang menghadirkan Para Menteri terkait untuk membahas transformasi kebijakan pemerintah dalam menghadapi era industri 4.0 seperti misalnya kebijakan insentif fiskal untuk mendorong perusahaan industri melakukan inovasi teknologi dan investasi pada peningkatan kompetensi SDM, strategi peningkatan penetrasi pasar untuk mendorong ekspor industri manufaktur, kebijakan upskilling dan reskilling kompetensi tenaga kerja untuk beradaptasi dengan era industri 4.0.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini