nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Izin Sudah Online, Menko Darmin: Banyak Investor yang Masuk

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 15 April 2019 15:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 320 2043739 izin-sudah-online-menko-darmin-banyak-investor-yang-masuk-XodTTqkJcn.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Teknologi digital bergerak dengan begitu cepat dalam memengaruhi seluruh sektor. Oleh karena itu, saat ini hampir semua sektor mulai melakukan revolusi digital atau yang biasa disebut revolusi industri 4.0.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini memang baru sektor industri saja yang fokus mengembangkan teknologi digital. Ke depan, pemerintah akan memfokuskan pengembangan teknologi digital pada sektor pariwisata.

"Sektor-sektor seperti apa namanya pariwisata itu harus kemudian makin maju dan makin luas dia dalam perkembangan ekonomi kita," ujarnya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/4/2019).

 Baca Juga: Cerita JK soal Wartel yang Tergerus Zaman

Menurut Darmin, tranformasi digital memang saat ini tengah gencar dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Bahkan transformasi tidak hanya dilakukan pada satu sektor saja melainkan ke beberapa sektor juga.

Salah satu contohnya adalah sektor ekonomi di mana pemerintah melakukan transformasi dengan mempermudah perizinan melalui Online Single Submission (OSS). Proses perizinan ini membuat investor mudah melakukan izin karena tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengajukan izin.

Selain itu, transformasi yang dilakukan adalah dengan pembangunan infrastruktur yang begitu masif. Menurut Darmin, dengan pembangunan infrastruktur membuat arus barang logistik semakin cepat.

Tak hanya itu, investor-investor asing pun mulai memberanikan diri menanamkan modal besar di Indonesia. Karena memang selama ini permasalahan yang kerap menjadi penghambat adalah infrastruktur yang kurang dan tidak merata.

"Saya coba jelaskan apa saja yang sudah dilakukan pemerintah. Mulai dari infrastruktur, macem-macem sampai masalah me-manage ekonomi di pedesaan supaya dia berubah, apakah soal pertanian, logistik dan sebagiannya," katanya.

 Baca Juga: JK Ingin Silicon Valley Ada di Indonesia

Darmin menambahkan, dengan pemanfaatan itu secara bertahap bukan hanya penghasilan atau income-nya yang naik, akan tetapi kualitas pekerjaannya juga, sehingga ke depannya, Indonesia sudah tidak lagi bergantung kepada ekspor yang orientasinya pada Sumber Daya Alam.

"Walaupun dia tetap dalam arus yang sama tapi dia sampai ke tengah, hilir, dan sebagiannya. Itu yang namanya transformasi," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini