nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita JK soal Wartel yang Tergerus Zaman

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 15 April 2019 11:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 320 2043633 cerita-jk-soal-wartel-yang-tergerus-zaman-8nQS6uPoO1.jpg Foto: Okezone

TANGERANG - Perkembangan teknologi menuju arah digital membuat para pekerja mulai khawatir. Banyak kalangan yang menyebut bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) akan digantikan perannya oleh robot.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, perubahan teknologi tidak akan menggantikan peran manusia. Karena seiring dengan perkembangan teknologi, akan ada pekerjaan baru yang tercipta.

"Memang setiap waktu penuh dengan perubahan, tapi bukan berarti kita kehilangan pekerjaan. Ini menghasilkan pekerjaan baru," ujarnya dalam acara pembukaan Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (15/4/2019).

Baca Juga: Wapres: Perubahan Zaman Harus Ditanggapi Pengusaha dengan Cepat

Dia mencontohkan, pada industri telekomunikasi, ketika ingin telepon harus menggunakan interlokal dan bermunculan bisnis Warung Telepon (Wartel).

Menjamurnya bisnis wartel membuat lapangan pekerjaan sebagai penjaga wartel terbuka. Namun ketika sudah memasuki perkembangan teknologi, di mana tidak perlu ada wartel. Para pekerja wartel tidak tergerus.

Menurutnya, ada pekerjaan baru yang diciptakan dari perkembangan tersebut. Seperti banyak penjual pulsa yang menjamur.

Baca Juga: Pengusaha Tangkap Peluang Besar di Industri 4.0

"Sebagai salah satu contohnya dulu ada wartel banyak pekerjaan penjaga wartel. Begitu wartel hilang muncul penjual penjual pulsa," jelasnya.

Contoh lainnya pekerja di pelabuhan. Pada saat itu masih banyak kapal di pelabuhan, banyak tenaga kerja yang terserap, meskipun saat ini sudah menggunakan kontainer. Jumlah tenaga kerja yang terserap tidak berkurang.

"Begitu juga pelabuhan dulu pelabuhan dengan kapal biasa diisi oleh pekerja pelabuhan setelah kontainer pekerjaan operator banyak," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini