Intip Bocoran Soal Tes CPNS 2019

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 320 2069334 intip-bocoran-soal-tes-cpns-2019-gB6q0wxO3i.jpg Foto Tes CPNS (Setkab)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan sedikit bocoran mengenai seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Pada seleksi nanti, akan ada perbedaan soal dibandingkan tahun lalu.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, ada perubahan soal pada CPNS 2019. Pasalnya, soal ini harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman pada saat ini.

Namun menurut Ridwan, secara tingkat kesulitan masih akan sama dibandingkan tahun lalu. Sebab, PNS ini harus dituntut untuk menjadi agen kemajuan bangsa.

Baca Juga: Siap-Siap, Seleksi Pegawai Kontrak Setara PNS Dibuka Agustus

"Kesulitannya tidak berubah, tetapi tantangannya mengikuti perkembangan zaman. Karena ketika mereka menjadi PNS nanti, mereka harus mampu menjadi perekat NKRI," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Lanjut Ridwan, tingkat kesulitan antar jenjangnya berbeda. Contohnya, soal untuk jenjang Strata 1 dengan SMA dan SMK akan dibedakan karena secara tingkat pendidikan.

“Dari tahun 2013 sudah ada, termasuk ada tingkatannya untuk yang S1 hingga SMA/SMK. Yang SMA/SMK ini juga dipakai untuk anak-anak sekolah kedinasan,” jelasnya.

Baca Juga: Hati-hati terhadap Penipuan CPNS 2019, Perhatikan Ini!

Dari daerah juga, tingkat kesulitannya akan berbeda. Masing-masing daerah akan diberikan soal sesuai dengan rata-rata dari Ujian Nasionalnya.

“Banyak, misalnya informasi dari Kemendikbud, mereka punya range. Misalnya hasil UN secara nasional kan rata-rata Jogja, rata-rata Pekanbaru. Itu salah satunya jadi basis untuk ini untuk yang tipe sulit deh, ini untuk yang tipe mudah deh,” jelas Ridwan.

Soal-soal tersebut, lanjut Ridwan, akan dibuat oleh Panitia Seleksi Nasional. Di dalamnya ada Kementerian Pedidikan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan juga para ahli seperti dosen.

"SKD disusun oleh Panselnas dari unsur Kemendikbud dan Kemeristekdikti. Tipe soalnya High Order Thinking Skill (HOTS)," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini