Share

DPR Panggil Dirjen Minerba dan Bos Inalum, Bahas Apa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 08 Juli 2019 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 08 320 2075973 dpr-panggil-dirjen-minerba-dan-bos-inalum-bahas-apa-4bBaAdL4rh.jpg Komisi VII Rapat dengan Kementerian ESDM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat dengar pendapat dengan pemerintah. Dalam rapat dihadiri oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Bambang Gatot, Direktur Urama PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin dan perwakilan dari Asosiasi Mineral Indonesia (IMA).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII Tamsil Linrung. Dijadwalkan pukul 10.00 WIB, rapat akhirnya mulai pukul 11.00 WIB.

Baca Juga: IUP Khusus Minerba Diperpanjang 20 Tahun, Jonan: Dilakukan 2 Kali!

Agenda pertama adalah bagaimana pengelolaan mineral utama, mineral ikutan dan mineral strategis untuk ketahanan industri nasional. Kemudian agenda kedua, bagaimana arah kebijakan nilai tambah sinkronisasi hulu dan hilir subsektor mineral dan batu bara. Dan terakhir agenda ketiga adalah lain-lain.

โ€œPada hari ini Komisi VII akan melaksanakan RDP dengan agenda pengelolaan mineral utama, ikutan dan strategis untuk ketahanan industri nasional,โ€ ujar Tamsil membuka rapat di Ruang Rapat Komisi VII DPR-RI, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Baca Juga: Kebijakan Ekspor Mineral Harus Tetap Konsisten!

Setelah dibuka, rapat koordinasi dibuka dengan paparan dari Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot. Salah satu point dalam paparannya adalah, Bambang menjelaskan kondisi produk pertambangan saat ini dan bagaimana proyeksi ke depannya.

โ€œUntuk tahun 2022 menghasilkan produk setengah jadi dari komoditas temvaga, nikel alumunia, besi, timah, emas, perak guna melengkapi selurug rantai pasokan pohon industri salam negeri,โ€ jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini