nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Modal RI 'Belum Merdeka', Investor Masih Didominasi Asing

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 21:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 17 278 2093265 pasar-modal-ri-belum-merdeka-investor-masih-didominasi-asing-0oPpxPJ092.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Indonesia tengah merayakan hari kemerdekaan ke-74 pada hari ini. Harapan untuk Indonesia semakin baik ke depannya diungkapkan berbagai pihak.

Tak terkecuali oleh Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi yang mengharapkan di usia kemerdekaan Indonesia yang semakin bertambah, pasar modal bisa semakin maju. Salah satunya dengan peningkatan dominasi investor domestik.

 Baca Juga: Pimpin Upacara 17 Agustus, Gubernur BI Singgung Pelemahan Ekonomi Global

Menurutnya, kemerdekaan juga ditunjukkan dengan investor domestik menjadi tuan rumah di Tanah Air, sehingga mengurangi ketergantungan dari dana asing.

"Sudah 74 tahun Indonesia merdeka dan diharapkan untuk lebih bisa medeka, dalam arti kemandirian kita semakin bagus. Seperti soal kepemilikikan saham diharapkan kita (domestik) bisa mayoritas melebihi dari asing," ujarnya saat berbincang dengan Okezone.

Tak hanya kepemilikan portofolio saham, Inarno juga berharapm dalam transaksi harian di pasar modal, investor domestik juga bisa mendominasi. Lagi-lagi untuk membuat pasar modal kuat oleh karena investor domestik.

"Dalam hal transaksi, harus sebagai tuan rumah di negara sendiri. Investor domestik harus lebih berkembang dan mandiri sehingga pasar modal juga jadi lebih kuat," katanya.

 Baca Juga: Investor Asing Dominasi Pasar Modal Indonesia, Ini Buktinya

Inarno menekankan, jika investor domestik semakin mendominasi dalam kepemilikan saham maupun transaksi, pasar modal Indonesia tak perlu lagi bergantung dengan modal asing. Sehingga jika terjadi gejolak pada ekonomi global, ketika modal asing keluar dari Tanah Air, pasar modal Indonesia bisa bertahan oleh karena modal yang ditanamkan para investor domestik.

"Jadi ingin lebih mandiri. Ketergantungan terhadap asing lebih berkurang, dan menjadi tuan rumah di negera sendiri. Investor domestik harus lebih dominan," katanya.

 Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini