nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Fasilitas di Ibu Kota Baru, Apa Bedanya dengan Jakarta?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 07:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 470 2095482 intip-fasilitas-di-ibu-kota-baru-apa-bedanya-dengan-jakarta-RaEvUHPIxt.jpg Fasilitas di Ibu Kota Baru. (Foto: Dok Kementerian PUPR)

JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan akan dilengkapi beberapa fasilitas khusus. Namun, dari fasilitas tersebut, Jakarta sudah menerapkannya meski belum semuanya.

Fasilitas yang akan dibangun di ibu kota baru yakni bangunan dan Perumahan berprinsip hijau, memanfaatkan energi terbarukan, transportasi publik, saluran air bersih, pembuangan sampah dan limbah, tenaga listrik, universitas berstandar internasional, rumah sakit berskala internasional dan fasilitas olahraga.

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, IKN akan dirancang sebagai representasi identitas bangsa yang digambarkan melalui monumental building, museum, dan cultural exhibition area.

Prinsip intelligent city dan city-in-a-garden membuat IKN akan mengintegrasikan sistem taman, aliran air, wetland, hutan, dan ruang terbuka menjadi satu kesatuan.

Jika kajian sudah rampung, Presiden Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota yang baru meski Menteri ATR/Kepala BPN sudah membocorkan lokasi ibu kota baru pindah ke Kaltim.

Baca Selengkapnya: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Simak 9 Fasilitas yang Akan Disediakan

(dni)

Berita Terkait

Berita terpopuler bisnis

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini