BPK Ungkap Sederet Masalah Sawit Indonesia

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 03:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 23 320 2095796 bpk-ungkap-sederet-masalah-sawit-indonesia-BdsiEdvzGI.jpg BPK Ungkap Sederet Masalah Sawit Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membeberkan permasalahan industri sawit Indonesia. Masalah tersebut di antaranya soal perizinan, sertifikasi, implementasi pengelolaan dari kelapa sawit.

Dari hasil temuan tersebut ada beberapa hal yang masih harus dibenahi, seperti izin Hak Guna Usaha (HGU) dari para pengusaha sawit. Hal ini diungkapkan Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil.

Masalah lainnya soal plasma yang belum juga dibangun. Lalu yang ketiga adalah terkait tumpang tindih usaha perkebunan dengan pertambangan.

"Keempat, ada beberapa perkebunan yang menggarap kawasan di luar kawasan yang seharusnya ia budidayakan atau usahakan. Jadi di luar izin yang diberikan pemerintah," ujar Rizal Djalil saat ditemui di Kantor BPK, Jakarta, Jumat 23 Agustus 2019.

Selain masalah-masalah tersebut, ditemukan juga beberapa perusahaan yang melaksanakan usaha perkebunan di atas tanah yang tidak semestinya. Pasalnya, tanah yang digunakan merupakan lahan hutan konservasi, hutan lindung, bahkan taman nasional.

Baca Selengkapnya: Di Depan Menko Luhut, BPK Beberkan Sejumlah Permasalahan Industri Kelapa Sawit

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini