Perbandingan KPR Milenial dari Tiga Bank Besar

Selasa 03 September 2019 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 03 470 2100276 perbandingan-kpr-milenial-dari-tiga-bank-besar-zcDYqvWUzq.jpg Foto: Rumah.com

INDUSTRI perbankan mulai melirik bahwa potensi kaum milenial akan kebutuhan produk Kredit Pemilkan Rumah (KPR) cukup tinggi.

Secara statistik, porsi jumlah penduduk milenial menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas) mencapai 63 juta orang (20-35 tahun) yang berada dalam rentang produktif. Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksi generasi milenial akan menjadi generasi mayoritas dalam struktur demografi Indonesia.

Pada 2020 nanti, 34% komposisi penduduk Indonesia merupakan generasi milenial. Persentase ini lebih besar dibandingkan porsi generasi X (20%) ataupun baby boomer (13%). Jumlah ini diproyeksi akan terus meningkat, berada di angka 282 juta pada 2024, dan menjadi 317 juta pada 2045.

Menyikapi ini, satu per satu perbankan mulai meluncurkan produk KPR untuk milenial yang disebutkan menyasar kebutuhan dan karakter generasi milenial yang mengharapkan hunian (baik dalam bentuk rumah maupun apartemen) dengan cara yang mudah dan terjangkau.

Berikut adalah sejumlah bank yang menawarkan produk KPR untuk milenial:

PT Bank Tabungan Negara Tbk

PT Bank Tabungan Negara Tbk meluncurkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terbarunya yang bertajuk KPR Gaeesss mulai Oktober 2018.

Terdengar gaul, sesuai namanya KPR ini melakukan penawaran dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial, antara lain sebagai berikut:

- Uang muka yang lebih terjangkau

- Biaya provisi lebih rendah

- Kemudahan dalam pengajuannya

- Pilihan tenor lebih panjang hingga 30 tahun

Konsumen pun tidak perlu mengendapkan dananya di rekening dalam KPR ini. Bunganya pun fixed rate 8,25% dalam 2 tahun. KPR untuk milenial atau KPR Gaeesss ini tidak dibatasi untuk kawasan tertentu saja, karena milenial bisa mengambil KPR atau KPA di daerah mana saja mereka berdomisili.

PT Bank Mandiri Tbk

KPR milenial dari Bank Mandiri menawarkan beberapa fasilitas sebagai berikut:

- Limit kredit mulai dari 200 juta rupiah hingga Rp5 miliar

- Suku bunga fixed rate sebesar 6,5% untuk 5 tahun pertama; dilanjutkan dengan suku bunga floating rate sebesar 12,5%

- Tenor pinjaman panjang hingga 30 tahun.

KPR Milenial Mandiri ini berfokus pada rumah dengan kisaran harga antara Rp400 juta hingga Rp500 juta.

PT Bank Central Asia Tbk

Bank swasta ini menyediakan KPR khusus milenial dengan beberapa fasilitas suku bunga pada 2 tahun pertama berupa fixed rate 4,24%; dilanjutkan dengan fixed rate 6,25% di tahun ketiga.

BCA menarik segmen milenial dengan suku bunga tetap yang khusus, sehingga cocok untuk para milenial dengan gaji yang tetap.

Strategi meningkatkan minat KPR di masyarakat dengan mengkombinasikan harga rumah yang terjangkau, biaya down payment yang lebih rendah karena kebijakan LTV, dan juga bunga KPR spesial diyakini akan meningkatkan minat masyarakat khususnya segmen milenial yang cenderung apatis membeli rumah.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com. (ADV)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini