nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Eksportir Sarang Burung Walet Nomor Satu di Dunia

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 09 September 2019 10:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 320 2102345 indonesia-eksportir-sarang-burung-walet-nomor-satu-di-dunia-bDBjRX28bQ.png Indonesia Eksportir Sarang Burung Walet Nomor 1 di Dunia (Foto: Instagram/Kementan)

JAKARTA - Sarang burung walet Indonesia ternyata semakin diminati oleh dunia. Hal ini dibuktikan dengan Indonesia yang kini menjadi pemasok terbesar sarang burung walet di pasar global.

 Baca Juga: RI Ekspor 10 Ton Sarang Burung Walet Senilai Rp500 Miliar ke China

Melansir keterangan foto Instagram resmi Kementerian Pertanian, Senin (9/9/2019), 78% kebutuhan sarang burung walet nyatanya dipasok dari Bumi Pertiwi. Hal ini tak terlepas karena Indonesia merupakan habitat yang nyaman bagi burung walet.

 Sarang Burung Walet

Ekspor sarang burung walet Indonesia pada tahun 2018 tercatat mencapai Rp40 triliun. Selain menjadi habitat utama, Indonesia juga merupakan tempat yang cocok dengan perkembangbiakan walet, sehingga sarang walet dapat sangat banyak diproduksi dan membawa Indonesia menjadi eksportir sarang burung walet nomor satu di dunia.

Melalui unggahannya, Kementerian Pertanian pun mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas produksinya. Sebagai salah satu langkah untuk mendorong ekspor, Kementan telah mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah perizinan dengan waktu pengurusan singkat, yakni sekitar 3 jam.

"Nah, dengan peluang seperti ini, yakin SobaTani tidak tertarik untuk jadi eksportir?" tulis Kementan.

 Sarang Burung Walet

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini