nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Tani Nasional, Kacang Hijau Indonesia Melenggang ke Filipina hingga China

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 06:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 23 320 2108333 hari-tani-nasional-kacang-hijau-indonesia-melenggang-ke-filipina-hingga-china-rjzD8JiCEc.png Hari Tani Nasional, Kacang Hijau RI Melenggang ke China (Foto: Instagram Kementan)

JAKARTA - Setiap tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Tani Nasional. Saat ini pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia dengan berbagai upaya kebijakan, meski masih ada permasalahan yang belum selesai.

 Baca Juga: Program Santri Tani Milenial Untuk Cetak Eksportir Milenial

Salah satu komoditas yang tengah naik daun adalah kacang hijau. Ternyata, Indonesia sudah melakukan ekspor ke Filipina hingga China. Tentunya, selain ekspor kacang hijau, pemerintah juga menorehkan prestasi dengan ekspor jagung dan beras yang selama ini impor.

"SobaTani, komoditas kacang hijau semakin mendunia. Awal September ini, kacang hijau telah diekspor ke Filipina dan Tiongkok, lho. Nah, saatnya #PetaniMilenial turut serta jadi bagian #EksporKita. Tertarik?," demikian dikutip dalam akun Instagram @kementerianpertanian, Selasa (24/9/2019).

 Baca Juga: Kenaikan Nilai Ekspor Pertanian Dinilai Patut Diapresiasikan

Dengan luas panen kacang hijau mencapai 66.498 ha, 35 kontainer kacang hijau dari komoditas yang berasal dari para petani di Jawa Timur akan segera di ekspor ke dua negara itu.

 Kacang Hijau

Selain kacang hijau, ternyata sarang burung walet Indonesia juga diminati oleh dunia. Hal ini dibuktikan dengan Indonesia yang kini menjadi pemasok terbesar sarang burung walet di pasar global.

78% kebutuhan sarang burung walet nyatanya dipasok dari Bumi Pertiwi. Hal ini tak terlepas karena Indonesia merupakan habitat yang nyaman bagi burung walet.

Ekspor sarang burung walet Indonesia pada tahun 2018 tercatat mencapai Rp40 triliun. Selain menjadi habitat utama, Indonesia juga merupakan tempat yang cocok dengan perkembangbiakan walet, sehingga sarang walet dapat sangat banyak diproduksi dan membawa Indonesia menjadi eksportir sarang burung walet nomor satu di dunia.

Lalu RI juga ekspor sarang burung walet. Pada tahun 2018 tercatat mencapai Rp40 triliun. Selain menjadi habitat utama, Indonesia juga merupakan tempat yang cocok dengan perkembangbiakan walet, sehingga sarang walet dapat sangat banyak diproduksi dan membawa Indonesia menjadi eksportir sarang burung walet nomor satu di dunia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini