nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naik 101%, Saham NZIA Jadi Sorotan Bursa Efek

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 278 2120662 naik-101-saham-nzia-jadi-sorotan-bursa-efek-zEENUoSHkf.jpg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan saham PT Nusantara Almazia Tbk (NZIA) mengalami kenaikan harga saham di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan Saham BEI Irvan Susandy menjelaskan, informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi tanggal 14 Oktober 2019.

"Terkait laporan informasi atau fakta material pembelian saham PT Serena Inti Sejati," kata dia dalam pengumuman tertulisnya, Selasa (23/10/2019).

 Baca juga: Naik Ugal-ugalan, BEI Awasi Saham Dwi Guna Laksana

Saham NZIA mengalami kenaikan harga yang signifikan. Pada perdagangan Senin 30 September 2019, harga sahamnya Rp640. Tetapi pada Selasa 22 Oktober, harganya sudah mencapai Rp1.290. Artinya, sahamnya sudah menguat 101,6 persen.

Dia menambahkan, pengumuman UMA tidak serta menunjukan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham tersebut, BEI saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini.

Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen  

Karena pergerakan harga yang tidak normal ini, investor diminta untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.

Investor juga diminta mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaaan informasinya serta mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Pelaku pasar juga diminta mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini