nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BIN hingga Kepolisian Buka Lowongan Cyber Security, Ini Syaratnya!

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 14:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 08 320 2127387 bin-hingga-kepolisian-buka-lowongan-cyber-security-ini-syaratnya-TpePIWlJk8.jpeg Ilustrasi Seleksi CPNS. (Foto: Okezone.com/Dok.Kemenpan RB)

JAKARTA – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan segera dibuka pada 11 November 2019. Salah satu formasi yang dibuka adalah tenaga pengamanan siber (cyber security).

Bagi yang berminat pada formasi ini, syaratnya harus mempunyai pengalaman dalam keamanan siber selama minimal 2 tahun. Tidak hanya itu , pelamar harus memiliki sertifikat dari lembaga nasional maupun internasional.

Baca Juga: Basarnas Buka Lowongan CPNS 2019 untuk 391 Formasi

"#SobatBKN, jadilah pahlawan siber bagi Indonesia dalam melindungi data-data penting Pemerintah, melalui seleksi #CPNS2019," tulis twitter BKN, Jumat (8/11/2019).

Formasi CPNS 2019 untuk Cyber Security

Perlu diketahui juga, bahwa pada CPNS 2019 formasi tenaga pengamanan siber, khusus untuk jabatan pranata komputer di Badan Intelijen Negara (BIN). Kemudian Kementerian Pertahanan, Kepolisian Negara dan Badan Siber dan Sandi Negara.

Sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 497 Tahun 2019, ada sekitar 180 formasi yang ditawarkan untuk lulusan D3, S1 dan S2.

Baca Juga: Mau Jadi PNS di DPR? Ada Lowongan Nih

Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi pelamar, seperti dilansir dalam laman resmi BKN, Jumat:

1. Warga Negara Indonesia;

2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

3. Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar;

4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;

5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Prajurit TNI/Anggota POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta (termasuk pegawai BUMN/BUMD);

6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Prajurit TNI/Anggota POLRI;

7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

9. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini