nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub Minta Operasional Skuter Listrik Dihentikan Sementara

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 21:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 13 320 2129567 kemenhub-minta-operasional-skuter-listrik-dihentikan-sementara-UnEXCZt2DY.jpg Skuter Listrik (Foto: Okezone.com/Grab)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan meminta kepada aplikator dan pemerintah daerah menghentikan dahulu operasional dari skuter listrik Grabwheels. Penghentian ini dilakukan untuk sementara waktu sambil menunggu keluarnya aturan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan, aturan mengenai Grabwheels ini sangat penting. Hal tersebut untuk memastikan agar operasionalnya berjalan dengan aman.

Baca Juga: Lagi Hits, Fakta Skuter Listrik yang Rusak JPO hingga Korban Tewas

“Kalau sekarang kan yang terjadi liar nih, aplikator tidak bisa mengawasi, sepanjang belum bisa diawasi, saran saya ke Pemda (skuter listrik) berhentikan dulu,” ujarnya saat ditemui di Komplek DPR, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Nantinya lanjut Budi, aturan mengenai penggunaan skuter listrik itu akan diatur oleh pemerintah daerah. Pasalnya, pihaknya tak bisa mengatur karena skuter listrik tak masuk dalam kategori alat transportasi umum yang diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2019 tentang Angkutan Jalan.

 skuters

“Sekarang regulasinya sedang digarap oleh Pemprov DKI pakai Pergub atau Perda, saya enggak tahu,” ucapnya.

Dalam aturan itu nantinya harus diatur mengenak jalur khusus skuter listrik ini. Karena menurutnya skuter listrik ini tidak cocok jika digunakan di jalan raya karena bisa membahayakan penggunanya

“Kalau menurut saya itu cocoknya untuk kendaraan lingkungan, misal ke taman, perumahan bukan jalan raya. Kan sudah saya sampaikan seperti itu,” ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini