Lagi Hits, Fakta Skuter Listrik yang Rusak JPO hingga Korban Tewas

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 13 November 2019 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 13 320 2129493 lagi-hits-fakta-skuter-listrik-yang-rusak-jpo-hingga-korban-tewas-03UEPINawO.jpeg Skuter Listrik Grab. (Foto: Okezone.com/Grab)

JAKARTA - Fenomena skuter listrik kini tengah hits di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun hanya bisa ditempuh dalam jarak dekat dan kecepatan terbatas, skuter listrik tetap diminati warga.

Sejak pertama kali diluncurkan, layanan sewa skuter listrik ini telah tersedia di beberapa titik di ibu kota dan sekitarnya. Hingga saat ini, jumlah skuter listrik kian menjamur hingga ke beberapa kota besar lainnya.

Baca Juga: Grab Terjerat Kasus Monopoli? Begini Faktanya

Nyatanya, masih banyak pengguna skuter listrik yang abai terhadap aspek keamanan dan keselamatan. Berikut fakta-fakta seputar skuter listrik seperti dirangkum Okezone, Rabu (13/11/2019):

1. Pertama Kali Diluncurkan Mei

Skuter listrik pertama kali mulai di uji coba oleh salah satu layanan ojek online di Indonesia. Pada saat itu, layanan sewa skuter ini baru bisa digunakan di BSD City, Tangerang.

Skuter Listrik

Saat masa uji coba, terdapat lima tempat parkir dengan 50 skuter litrik yang tersedia dan siap beroperasi. Hingga saat ini, layanan sewa skuter listrik ini telah tersedia di banyak tempat di kawasan Jakarta dan sekitarnya, serta beberapa kota besar, seperti Bandung dan Yogyakarta.

2. Peraturan Skuter Listrik Masih Dikaji

Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih mengkaji beberapa hal terkait penerapan regulasi penggunaan skuter listrik. Di antaranya terkait teknis kecepatan, batasan usia pengendara, dan lajur khusus.

Baca Juga: Kawal Grab di Persidangan, Intip Gaya Nyentrik Hotman Paris Datangi KPPU

Lain di Indonesia, lain pula di Singapura. Menteri Negara Senior untuk Perhubungan Lam Pin Min mengatakan, bagi mereka yang melanggar aturan ini akan didenda hingga SGD2.000 (Rp20 juta) dan/atau dipenjara selama tiga bulan. Aturan baru akan diberlakukan secara ketat mulai 1 Januari 2020

3. 3 JPO Rusak Karena Pengendara Skuter Listrik

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, sebanyak 3 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berlokasi di kawasan Sudirman mengalami kerusakan usai dilintasi pengemudi skuter listrik. Beberapa anak muda mengendarai skuter listrik di atas JPO dan efek setelahnya adalah lantai JPO lecet dan berbekas.

Kini, sedang dilakukan perbaikan pada JPO tersebut agar kondisinya kembali seperti semula. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan skuter listrik agar tak lagi melintas di atas JPO. Sebab, JPO diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Skuter Listrik

4. Pengendara Skuter Listrik Tewas Tertabrak di Sudirman

Kelompok remaja pengendara skuter listrik menjadi korban tabrak lari di dekat FX Sudirman, Jakarta Pusat. Dua orang tewas akibat mengalami cedera parah.

Salah satu korban tabrak lari menceritakan, mereka menyewa otopet listrik layanan GrabWheels pada Minggu (9/11/2019) dini hari dari Pintu 3 Kawasan Gelora Bung Karno menuju arah FX Sudirman. Mendadak datang mobil sedan jenis Toyota Camry dengan kecepatan tinggi. Mobil tersebut langsung menabrak mereka. 

Nyawa dua korban di antaranya tidak dapat tertolong. Keduanya mengalami luka dalam berupa pendarahan di kepala serta luka lainnya. Sementara satu korban lainnya mengalami luka berat di bagian lengan kiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini