nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Skenario Kebutuhan Air di Ibu Kota Baru, Bakal Manfaatkan Sungai Mahakam

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 13:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 13 470 2129295 skenario-kebutuhan-air-di-ibukota-baru-bakal-manfaatkan-sungai-mahakam-Bw8TDQQfsg.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone.com)
 MALANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan skenario kebutuhan air di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya telah melakukan survei tiga calon bendungan yang akan digunakan sebagai kebutuhan air di ibu kota baru.

Baca Juga: Fakta Ibu Kota Baru Kado untuk Dunia, Harus Bisa Saingi Dubai

"Ada 11 sumber air di ibukota negara baru. Ada tiga bendungan, dua bendungan kecil, yang satu lagi bendungan besar," ungkap Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rapat Terbuka Senat Universitas Brawijaya Pengukuhan Profesor pada Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, Kementerian PUPR telah melakukan survei terhadap lokasi yang menjadi tiga bendungan untuk kebutuhan air di ibukota baru. Dengan hal tersebut, menteri asal Surakarta ini memperkirakan jumlah tersebut cukup memenuhi kebutuhan air bersih.

Menteri Basuki

"Ada 1,5 juta kepala orang yang akan pindah ke ibukota negara pada 2024, kementerian pertama pindah yakni Kementerian PUPR. Jumlah ini cukup memenuhi kebutuhan air bersih di sana," terangnya.

Basuki menambahkan adanya dua sungai besar di sekitar ibukota baru yakni Sungai Mahakam dan Sungai Kahayan menjadi salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk sumber air.

"Ada Sungai Mahakam dan Sungai Kahayan di sebelah timur kawasan ibukota negara baru. Dua sumber air itu bisa kita manfaatkan," bebernya.

Menteri Basuki

Namun pihaknya belum menghitung secara pasti kebutuhan air baku yang diperlukan di ibukota negara baru. "Belum dihitung (kebutuhan air baku), tapi kami akan coba dengan paper Pak Pitoyo (mengenai kebutuhan air bersih di ibukota negara baru)," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini