nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seleksi CPNS Diserbu Pendaftar Abal-Abal, Ini Modusnya!

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 18:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 16 320 2130776 seleksi-cpns-diserbu-pendaftar-abal-abal-ini-modusnya-xIZKpVUS8k.jpeg Suasana Seleksi CPNS (Foto: Okezone.com/Kemenpan)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat 2,3 juta pelamar telah membuat akun dalam portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Namun begitu, baru 10,6% yang telah menuntaskan langkah pendaftaran hingga tahap submit.

Baca Juga: Baru 10,6% dari 2,3 Juta Pelamar yang Menuntaskan Pendaftaran CPNS

Kondisi itu diperkirakan terjadi karena banyak pelamar yang masih mencari informasi mengenai perkembangan pendaftaran. Padahal, sebanyak 507 dari total 524 instansi Pemerintah telah mengunggah informasi lowongan.

Infografis CPNS 2019

Melalui akun resmi Twitter-nya, BKN menginformasikan mengenai maraknya pemakaian Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu keluarga (KK) yang bersifat abal-abal.

"#SobatBKN, Data Center SSCN merilis informasi mulai maraknya pemakaian NIP dan KK untuk pendaftar abal-abal alias tidak niat mendaftar," tulis BKN seperti dikutip dari akun resmi Twitter-nya, Sabtu (16/11/2019).

Baca Juga: Jadi Korban Maladministrasi Seleksi CPNS, Lapor Saja ke Ombudsman

BKN mengimbau para pelamar yang telah membuat akun dalam portal SSCN, untuk segera menuntaskan tahapan pendaftaran hingga submit. Hal ini agar pelamar terhindar dari situasi hectic yang menyebabkan pelamar sulit mengakses portal SSCN nantinya karena saling menunda-nunda penyelesaian tahapan pelamaran.

Data Center SSCN merilis informasi mulai maraknya pemakaian NIK dan KK untuk pendaftar abal-abal alias tidak niat mendaftar terbukti dengan banyaknya unggahan foto dan dokumen yang tidak dipersyaratkan instansi. Oleh karena itu, pelamar diimbau untuk hanya menginput data dan berkas yang sebenarnya dan disyaratkan instansi dalam field lamaran.

Sementara itu, tulisan BKN tersebut nyatanya menuai banyak komentar netizen yang menyatakan bahwa mereka hanya sedang meyakinkan pilihannya. Salah satu netizen pun mengatakan bahwa tulisan tersebut cukup mennyinggung.

@y*v*dd1*3: Sabar admin @BKNgoid :) kami (termasuk saya) bukan ga niat. Saya berusaya meyakinkan diri atas pilihan ini min. Jangan khawatir min, banyak dari kami bahkan pasti sudah belajar SKD kok :)

@d*nn**ys*t**w*n: Sabar min, kita2 msh dalam proses melengkapi data2. Katanya daftar harus sabar biar tidak terjadi kesalahan.

@M*rth*M*n*l*5: Ini menyinggung sekali. Bukan hanya @BKNgoid yang punya kendala, kami para pelamar pun ada kendala. Toh juga waktu yg diberikan masih ada, Ngapain pula diburu bgtd. Kami bukan pejuang abal abal. Mohon bersabar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini