Jokowi Pangkas Eselon III-IV, Ternyata Akan Digantikan Robot

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 29 November 2019 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 320 2135611 jokowi-pangkas-eselon-iii-iv-ternyata-akan-digantikan-robot-1q1hSiJ3Fk.jpg Kecerdasan Buatan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Terkait pemangkasan pejabat eselon III, IV, dan V, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan mengganti mereka dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Permintaan tersebut sudah dia layangkan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo.

"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan artificial intelligence, birokrasi kita akan lebih cepat," ucapnya di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta.

Sayangnya, permintaannya tersebut terbentur oleh Omnibus Law yang sedang disusun oleh pemerintah. Pasalnya, Omnibus Law ini akan merevisi sebanyak 74 Undang-Undang terkait pemangkasan sistem eselon aparatur sipil negara (ASN).

"Tapi ini masih tergantung dari persetujuan DPR kita, kalau itu disetujui akan ada perubahan besar," pungkas Presiden Jokowi.

Baca Selengkapnya: Percepat Birokrasi, Jokowi Gantikan PNS dengan Kecerdasan Buatan

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini