nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Penipuan Surat Penerimaan CPNS 2019, Catut Nama BKN

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 19:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 10 320 2140298 marak-penipuan-surat-penerimaan-cpns-2019-catut-nama-bkn-LvXHdvCimp.jpg BKN (Foto: Twitter)

JAKARTA – Dengan ditutupnya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, para pelamar hanya tinggal berdoa sekaligus mempersiapkan diri guna seleksi administratif di kemudian hari.

Namun banyak sekali oknum-oknum yang masih saja memanfaatkan CPNS untuk melakukan penipuan. Mulai dari broadcast atau pesan singkat yang beredar lewat aplikasi WhatsApp (WA) kian marak beredar.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2020, Formasi Ini Jadi Prioritas

Pesan singkat yang dikonfirmasi ketidakbenarannya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berisi tentang permintaan para peserta untuk datang ke kantor atau lembaga masing-masing yang mendapat jatah khusus dengan memakai seragam.

Ada juga penipuan yang mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“#SobatBKN. Di pagi yg indah ini, mimin dpt kabar menghebohkan. Masih ada yg mengira surat seperti ini asli. Sedih,” tulis BKN pada akun resmi Twitter-nya @BKNgoid, Selasa (10/12/2019).

Baca Juga: Hore! Pendaftaran CPNS Bakal Dibuka Lagi Tahun Depan

BKN menginformasikan warganet khusunya para pelamar CPNS 2019 jika masih saja ada penipuan berkedok “langsung” menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

 BKN

Pada cuitannya itu, BKN menyertakan foto berupa surat ‘palsu’ mengenai pengumuman penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP). Tak lupa, BKN juga menambahkan “BUKAN PRODUK BKN” pada foto yang beredar itu.

Pada akhir status, BKN juga mengingatkan para peserta CPNS 2019 untuk tetap percaya pada diri sendiri.

“Mimin pesan, Percaya lah dengan kemampuan kalian, bukan yg mengaku orang dalam, bisa bantu dan lain2,” lanjut BKN.

Sampai saat ini, cuitan BKN telah dibalas sebanyak 52 kali, di-retweet sebanyak 67 kali, dan disukai sebanyak 256 likes. Berikut komentar-komentar jagat Twitter:

“Heran jg saya min... Pdahal seleksi cpns udah transparan bnget tpi masih banyak yg bilang banyak yg nyogok... Hadeeuuh...,” balas akun @F*hm*h*f*z*hn*1.

“Yang penting mah yakin min yg penting sudah berusaha dan berdoa sama ALLAH SWT min, apapun hasilnya yg penting jujur💪💪,” tulis @*l*n***8244**.

“Sekolah bertahun-tahun , dikasih pelajar agama pula, perlu di ingat "Hidup ini sementara, Apa yg kita lakukan akan di pertanggung jawabkan di akhirat". Ketika ada yg pake orang dalem yakin aja kita punya yg lebih dalem "ALLAH SWT" . Berusah kuncinya @BKNgoid ya ga min😊,” komentar @h*_m*l*.

“Banyak yg udah ketipu min, temen saya sendiri juga. Tapi emg meyakinkan bgt sih di tambah lg oknum yg ngaku2 dari instansi yf bersangkutan,” tulis @L*t*fy**.

“Min@@@ turut berduka bagi mreka yang maaih percaya hal2 seperti ini,sekarang sudah era keterbukaan tak ada lagi hal2 seperti ini,anda pintar anda pasti sukses,” balas akun @G**2*5**3*8.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini