nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Ekspor Benih Lobster, Menko Airlangga Dukung Susi Pudjiastuti

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 20 320 2144426 soal-ekspor-benih-lobster-menko-airlangga-dukung-susi-pudjiastuti-ka7MRK2859.jpg Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com/Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo tengah mengkaji kebijakan membuka kembali keran ekspor benih lobster. Menurutnya, kebijakan ini akan dilakukan seiring dengan kesiapan infrastruktur kegiatan pembesaran lobster.

Baca Juga: Rencana Edhy Prabowo Ekspor Benih Lobster, Kemendag: Itu Wewenang KKP

Merespons hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya telah bertemu dengan Menteri KKP Edhy Prabowo. Dalam pertemuan tersebut KKP didorong untuk membudidaya benih lobster.

Gagalkan Penyelundupan Bibit Lobster yang Akan Dikirim ke Vietnam

"Saya sudah bicara dengan Pak Eddy. Jadi, sama seperti udang, lobster kita dorong budidaya. Di mana Menteri KKP ini sedang mengkaji. Apabila budidaya di mana-mana bisa didorong," ujar dia di kantornya, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Bagikan Grafik Nilai Ekspor Lobster RI, Meroket Kalahkan Vietnam

Menurut dia, hingga saat ini Kementerian KKP masih melakukan kajian perhitungan mengenai potensi keberlanjutan usia benih lobster yang bisa diekspor maupun tidak.

"Maka itu, regulasi yang lama masih berlaku sampai ada peraturan baru," kata dia.

Artinya, apa yang disampaikan oleh Menko Airlangga ini mendukung Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menolak ekspor benih lobster.

Susi sebelumnya kembali menunjukkan penolakannya terhadap dibukanya ekspor bibit lobster. Menurutnya kebijakan ekspor bibit ini akan mengancam populasi lobster di Indonesia.

"Sidat dan lobster sama belum bisa di-breefing-kan in house. Kalau bibitnya diambil untuk budidaya secara masif ya akan punah," kata Susi di akun Twitter pribadinya, dikutip Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini