Sertifikat Halal Gratis untuk UKM, Bagaimana Pelaksanaannya?

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 320 2150789 sertifikat-halal-gratis-untuk-ukm-bagaimana-pelaksanaannya-nQCPGq0LhM.jpg Halal (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Koordintor Perekonomian Airlangga Hartarto telah menggelar rapat koordinasi terkait jaminan produk halal di Gedung Kemenko Perekonomian Jakarta.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto.

Baca Juga: Polemik Sertifikasi Halal, Ini Sederet Masalah di Baliknya

Sri Mulyani mengatakan, rapat kali ini merupakan persiapan rapat bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Kamis, 9 Januari 2020

"Tadi yang dibahas yakni mengenai pelaksanaan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, itu konsekuensi terutama pada perusahaan makanan dan minuman (Mamin), yang skala kecil sekali ini, bagaimana pelaksanannya selain juga masalah tarif yang lain," ujar Sri Mulyani, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Kapan Sri Mulyani Tetapkan Biaya Sertifikasi Produk Halal?

Kemudian, lanjut dia, usaha kecil mikro (UKM) ini akan melakukan proses yang mudah. Seperti dari registrasi sampai dengan mendapatkan sertifikasi dan juga dari sisi biayanya.

"Kalau tarif di nol-kan itu usaha kecil mikro itu ya. Namun pelaksanaannya untuk menjangkau sampai jutaan usaha kecil seperti apa itu yang dibahas," ungkap dia.

Sementara itu, Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto menyatakan, rencana pembebasan biaya tarif untuk UKM sebagai bentuk fasilitas dari pemerintah.

"Nantinya subsidi sendiri bisa berasal dari Badan Layanan Umum (BLU). Itu juga belum dibahas apakah akan cross subsidi dari BLU, Kemenkeu juga bisa turun tangan. Intinya, bagaimana kita memfasilitasi usaha mikro kecil dan menengah," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini