nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Restorasi Dokumen Korban Banjir, dari Sertifikat Rumah sampai Akta Cerai

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 15:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 08 470 2150661 restorasi-dokumen-korban-banjir-dari-sertifikat-rumah-sampai-akta-cerai-F7fAh6ehnQ.jpg Rumah Banjir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Bencana banjir yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya meninggalkan banyak cerita. Ada warga yang mengalami kerugian akibat kendaraannya yang hanyut, ada yang harus mengungsi akibat kediamannya direndam banjir, bahkan ada juga yang harus membenahi dokumen-dokumen berharga agar tidak berceceran.

Bagi warga yang mendapati dokumen-dokumen berharganya hilang atau rusak diterpa banjir, dapat mengurusnya melalui Arsip Nasional Republik Indonesia (RI).

“Adapun untuk data perkembangan informasi layanan restorasi arsip keluarga, khususnya bagi masyarakat yang terdampak #banjir dapat disimak dalam infografis berikut ini,” tulis Arsip Nasional RI lewat akun Twitter resminya @ArsipNasionalRI, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Sertifikat Tanah Rusak akibat Banjir? Silahkan Datang ke Kantor BPN Terdekat

Adapun warga yang telah menggunakan layanan ini berjumlah 118 pengguna, 31 arsip yang telah direstorasi, dan 5 arsip yang telah diambil. Data ini terakhir diperbarui pada 6 Januari 2020.

Sementara itu, jenis-jenis arsip yang dapat direstorasi antara lain ijazah, akta nikah, BPKB, sertifikat tanah, akta jual beli, kartu keluarga, paspor, akta cerai, akta kelahiran, SK pensiun, SK pegawai, dll.

“Sebaran asal lokasi warga yang menggunakan layanan arsip yang direstorasi ialah Kemang, Ciledug, Petogogan, Pamulang, Larangan, Kranji, Lebak Bulus, Ciputat, Jatiwaringing, Kebayoran Lama, Bekasi, Serpong, Duren Sawit, Depok, Kebon Jeruk, Pasar Minggu, dan Cipete,” lanjut Arsip Nasional RI.

Foto Aerial Kawasan Terdampak Banjir di Ciledug Indah 

Arsip Nasional RI juga memberikan gambaran mengenai evakuasi penanganan arsip-arsip yang terendam oleh banjir. “bersinergi dgn jajaran Kementerian @atr_bpn tim @ArsipNasionalRI hari ini (6/1) melanjutkan koordinasi dan evakuasi penanganan arsip Kantor Pertanahan Kota Bekasi yang terdampak #banjir,” lanjutnya.

Pada foto yang diunggah oleh Arsip Nasional RI ini terlihat barisan-barisan berkas-berkas di Kota Bekasi yang sempat diterjang banjir. Cuitan milik Arsip Nasional ini pun telah disukai sebanyak 18 kali, di¬-retweet sebanyak 11 kali.

“Untung ada ANRI, masyarakat terlindungi hartanya,” balas akun @tbr*fz*.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini