nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpan RB Beberkan Alasan Jokowi Pangkas Birokrasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 12:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 29 320 2159984 menpan-rb-beberkan-alasan-jokowi-pangkas-birokrasi-7d6YOv1A2v.jpg Menpan RB Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan segera merealisasikan penyederhanaan birokrasi di instansi-instansi pemerintah pada tahun ini. Nantinya, bentuk penyederhanaan ini dengan cara memangkas eselon III,IV dan V dan digantikan dengan tenaga fungsional.

Saat ini, KemenpanRB terus melakukan persiapan-persiapan untuk merealisasikan hal tersebut. Misalnya dengan melakukan sosialisi dan penandatanangan kerjasama dengan beberapa instansi.

 Baca juga: Tingkat Kecurangan SKD CPNS 2019 Dipastikan 0%

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, penyederhanaan birokrasi yang kini tengah gencar dilakukan pemerintah tak lain untuk meningkatkan efisiensi kinerja. Sebab menurutnya, apabila tetap mempertahankan struktur yang hierarkis dianggap akan memperlambat pengambilan keputusan dan koordinasi instansi pemerintah.

"Terlalu banyak tingkatan dalam struktur organisasi membuat pengambilan keputusan lambat. Banyak terjadi miskomunikasi, tidak fleksibel, rigid, dan biaya mahal," ujarnya mengutip dari keterangan tertulis, Rabu (29/1/2020).

 Baca juga: Honorer Gagal dalam Seleksi CPNS dan PPPK, Bagaimana Nasibnya?

Tjahjo juga meminta kepada masing-masing instansi untuk tetap solid untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional. Meskipun organisasi nantinya instansi tersebut cakupan kerja yang luas, pengambilan keputusan tak boleh berbelit karena birokrasi.

"Meskipun diperluas, pengambilan keputusan harus cepat," ucapnya.

Tjahjo juga menekankan agar kolaborasi bersama masing-masing instansi ini bisa terus terbangun. "Kebijakan adaptif dan terintegrasi antara kementerian dan lembaga," kata Tjahjo.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini