nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Desain Teras Mengumpat, Simak Caranya di Sini

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 11:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 470 2168025 bikin-desain-teras-mengumpat-simak-caranya-di-sini-gHjZ8HRBVx.jpg Ilustrasi Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Saat ini ditemukan banyak rumah dengan lebar muka enam meter. Sebenarnya, rumah lebar tersebut tidaklah sempit. Rumah tipe ini dapat muat beberapa ruangan.

Berdasarkan fungsinya, salah satu sisinya dapat dijadikan parkir. Sementara sisi lainnya dapat dijadikan teras atau ruang tamu.

Baca Juga: Mengenal 4 Gaya Arsitektur untuk Pembangunan Rumah Mungil

Seperti dikutip dari buku '21 Desain Rumah Inovatif' Karya Wiyantara Wizaka yang terbit pada 2012, Jakarta, Minggu (16/2/2020), lahan tersebut bisa dimaksimalkan penggunaannya. Teras di rumah ini bisa disatukan fungsinya dengan ruang tamu.

Namun, ada kalanya lebih nyaman mengobrol di ruang tamu dalam daripada di teras. Mengobrol di teras terasa privasi kurang terlindungi, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan ini.

Baca Juga: Fungsi Cat Tidak Lebih dari Pelapis Dinding, Kenali Jenisnya

Supaya privasi dan kenyamanan tetap terjaga, sebaiknya teras diberi dinding penutup. Hal ini dapat meningkatkan derajat ketertutupan ruang dan meningkatkan privasi bagi penghuni maupun tamunya.

Sebaiknya fasad rumah didesain dengan aplikasi lubang-lubang ventilasi. Hal ini dimaksudkan agar aliran udara alami ke dalam rumah lebih lancar.

Namun perlu diantisipasi terjadinya cipratan air hujan yang masuk ke teras melalui lubang ventilasi atau jendela. Untuk menanggulanginya, gunakan kanopi di atas jendela atau ventilasi itu.

Bagian fasad rumah ini banyak menerima cahaya matahari dari arah barat. Untuk menghindari panas matahari, sebaiknya dinding yang menghadap ke arah barat dipertebal dengan pasangan satu bata.

Di depan area fasad juga dapat ditambahkan tanaman yang rimbun untuk mengurangi cahaya matahari langsung yang menerpa dinding. Untuk menghemat energi, buatlah lubang jendela pada dindingnya untuk menerima cahaya alami.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini