nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Caranya Eksportir Pemula Bersaing?

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 07:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 21 320 2172227 bagaimana-caranya-eksportir-pemula-bersaing-2lL16Za0DY.jpg Kapal (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengumpulkan eksportir terutama anggota Customer Service Center (CSC).

Direktur Jenderal PEN Dody Edward menyatakan pertemuan ini berfungsi sebagai wadah bagi CSC Membership Services, Permanent Trade Display, serta para alumni pelatihan ekspor Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) untuk berdialog, berdiskusi, bertukar pikiran dan masukan, serta berbagi informasi seputar kegiatan ekspor.

“Kami mengajak para perusahaan anggota CSC untuk memanfaatkan pertemuan ini sebaik-baiknya. Diharapkan, melalui pertemuan ini terjadi komunikasi yang lebih baik dan adanya pertukaran ilmu antara para pelaku ekspor yang mempunyai jejaring yang lebih luas dengan pelaku ekspor yang pemula atau belum memiliki jaringan yang luas. Dengan demikian, ekspor pengusaha yang masih kurang luas jaringannya dapat terdorong sehingga mampu berkontribusi untuk mewujudkan peningkatan kinerja ekspor nasional,” jelas Dody.

Dody melanjutkan beberapa poin penting yang dapat diambil manfaatnya bagi kedua negara meliputi antara lain akses pasar bagi perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, dan kerjasama ekonomi lainnya, yang dapat dimanfaatkan lebih jauh untuk mengembangkan perekonomian Indonesia.

“Kesempatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi mengenai potensi produk, peluang pasar, dan hal-hal lain terkait upaya peningkatan ekspor ke negara-negara yang sudah memiliki FTA/CEPA/EPA dengan Indonesia seperti Australia, terutama setelah Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) diratifikasi oleh DPR RI pada 6 Februari 2020 lalu,” lanjut Dody.

Baca Selengkapnya: Kemendag Kumpulkan Eksportir, Bahas Peluang Ekspor ke Australia

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini