nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir di Kalimantan, Bappenas: Itu Bukan Wilayah Ibu Kota Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 19:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 24 470 2173466 banjir-di-kalimantan-bappenas-itu-bukan-wilayah-ibu-kota-baru-Mjeo8xopI2.jpg Ibu kota pindah (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memastikan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, bebas dari banjir. Sebelumnya wilayah Penajam Paser Utara dilanda musibah banjir dan merendam ratusan keluarga.

Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, banjir yang menimpa wilayah Penajam Paser Utara itu bukan merupakan dari wilayah IKN.

 Baca juga: Canberra Jadi Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia, Ini Faktanya

"Jadi, itu bukan di wilayah kita. Itu di luar wilayah IKN. Kita sudah analisis lingkungannya. Kita sudah tahu mana yang banjir. 100 tahun pun kita sudah hitung," ujar dia Rudy di Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut dia, pemerintah sudah melakukan identifikasi mengenai calon-calon lokasi potensial untuk pembangunan IKN. Pihaknya pun memastikan lokasi IKN nanti akan bebas banjir.

 Baca juga: Ibu Kota Baru Terinspirasi Canberra, Ini Perbedaannya

"Kita sudah identifikasi calon-calon lokasi potensial itu semua aman. Kita pakai multi kriteria analisis," kata dia.

Sebelumnya, banjir merendam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa 18 Februari 2020. Musibah ini berdampak pada 115 kepala keluarga atau 379 jiwa. Selain itu, jembatan yang terbuat dari kayu dan gundukan tanah di Kecamatan Penajam, hampir putus akibat banjir.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini