nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Baru Bakal Punya 3 Bandara Internasional

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 14:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 26 470 2174400 ibu-kota-baru-bakal-punya-3-bandara-internasional-6c7pHf0grH.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan akan ada bandara internasional baru di ibu kota baru Kalimantan Timur. Bandara tersebut akan menjadi bandara ketiga yang menunjang ibu kota baru.

Budi menyebut bandara baru yang akan dibangun, lokasinya sekitar 15 kilometer dari pusat ibu kota baru dan akan mulai dibangun pada 2021. Sedangkan dua bandara yang sudah beroperasi di Kalimantan Timur ada Bandara Sepinggan di Balikpapan dan Bandara APT Pranoto di Samarinda.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Donald Trump Bakal Ketemu Bahas Ibu Kota Baru

"Untuk pembangunan bandara internasional di ibu kota baru akan dibangun 2021," ujar dia Hotel Sultan Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dia menjelaskan pemerintah nantinya akan mengadakan sayembara untuk desain bandara baru ini. Di mana bandara akan dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Baca Juga: Banjir di Kalimantan, Bappenas: Itu Bukan Wilayah Ibu Kota Baru

"Bandara kita sayembarakan desainnya dulu. Setelah itu bikin project-nya," tandas dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimis pemindahan ibu kota negara ke dari Jakarta menuju Kalimantan akan menjadi gerbang masa depan Indonesia.

"Berkali-kali pak Presiden Jokowi menyampaikan, tentang contoh kota masa depan. Seperti bagaimana transportasi dibuat sebagai contoh untuk kota lain," ujar Budi pada dalam acara dialog merajut konektivitas ibu kota negara di Hotel Sultan Jakarta.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini