nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinergi Suami Istri dalam Perencanaan Keuangan Penting Banget, Kenapa?

Irene, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 29 320 2176106 sinergi-suami-istri-dalam-perencanaan-keuangan-penting-banget-kenapa-UfUQ6J6Hft.jpg Pernikahan (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pentingnya perencanaan keuangan dalam sebuah keluarga sering kali tidak disadari. Padahal dengan merencanakan keuangan, kebutuhan dan pemasukan dalam keluarga dapat lebih terorganisir.

Melansir buku 'Hemat 'Bisa' Miskin, Boros 'Pasti' Kaya!' karya Rina Dewi Lina, perencanaan keuangan adalah alat agar dapat mencapai kebutuhan-kebutuhan keuangan keluarga pada masa kini dan masa datang. Tujuannya adalah agar keluarga dapat mencapai kebebasan finansial (financial freedom), terbebas dari utang, tersedianya uang tunai, dan terlindungi dari risiko apapun.

Baca Juga: Pengusaha Pemula Selalu Kena Masalah Keuangan, Kenapa?

Perencanaan keuangan akan memperhitungkan segala sesuatunya dengan inflasi. Adapun alasan pentingnya perencanaan keuangan wajib dilakukan oleh keluarga antara lain naiknya biaya hidup dari tahun ke tahun, ketidakpastian ekonomi di masa mendatang, ketidakpastian kondisi fisik, dan perubahan budaya positif pada generasi penerus.

"Perencanaan keuangan sangat penting untuk diperhatikan dengan tujuan untuk mengamankan uang anda baik dalam jangka waktu pendek, menengah, hingga jangka waktu panjang," seperti tertulis dalam buku.

Baca Juga: Punya Gaji Besar tapi Cepat Habis, Ini Penyebabnya

Sinergi antar pasangan suami dan istri juga sangat penting. Perbedaan pandangan yang sering kali terjadi dalam sebuah keluarga akan memunculkan jalan keluar yang terbaik.

Sebagai contoh, istri memberikan penjelasan mengapa pendidikan dan sekolah mahal menjadi lebih penting baginya. Sedangkan sang suami memberi argumen mengapa tabungan yang dimiliki lebih baik dialokasikan untuk merenovasi rumah menjadi lebih layak.

Dari masing-masing pendapat itu, nantinya akan mendapatkan titik temu. Titik temu itu akan menghasilkan kesimpulan tentang prioritas yang lebih penting bagi keluarga, apakah itu pendidikan anak atau renovasi rumah.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini