nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PNS Korban Banjir Boleh Cuti 1 Bulan, Ini Sederet Faktanya!

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 06:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 29 320 2176117 pns-korban-banjir-boleh-cuti-1-bulan-ini-sederet-faktanya-Z4UPeg8tFd.jpg PNS (Foto: Setkab/Okezone)

JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terkena dampak banjir bisa mengajukan cuti hingga 1 bulan. Pemerintah sengaja memberikan cuti hingga satu bulan sebagai bentuk keringanan kepada PNS yang terkena musibah.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Paryono mengatakan, pemberian cuti sudah diatur dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 24 taun 2017. Dalam aturan tersebut, PNS diperbolehkan untuk cuti dengan alasan penting.

"Itu namanya cuti alasan penting, itu memang diatur di Peraturan Kepala BKN Nomor 24 Tahun 2017," ujar Paryono saat dihubungi Okezone, beberapa waktu lalu.

Ada beberapa fakta menarik dari pemberian cuti kepada PNS terkena dampak banjir ini. Berikut beberapa fakta yang sudah dirangkum oleh Okezone:

1. Bisa Cuti Maksimal 1 Bulan

Para PNS yang terkena dampak banjir bisa mengajukan cuti maksimal 1 bulan. Pengajuan cuti ini nantinya akan masuk dalam kategori cuti alasan penting.

Apalagi, alasan yang dipakai untuk cuti dikarenakan para PNS ini terkena musibah banjir yang sifatnya mendadak dan tak bisa diprediksi.

2. Harus Ada Keterangan dari RT

Meskipun diperbolehkan untuk cuti hingga maksimal 1 bulan, namun para PNS ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Misalnya saja harus memberikan surat keterangan dari RT, RW atau hingga Kecamatan terkait.

Lampiran surat dari RT atau RW ini nantinya akan dijadikan bukti jika yang bersangkutan memang terkena dampak banjir. Hal ini juga untuk mengantisipasi penyalahgunaan cuti yang dilakukan oleh pegawai.

3. Tetap Dapat Gaji

Para PNS yang mengajukan cuti hingga 1 bulan lamanya akan tetap mendapatkan penghasilan. Bahkan penghasilan yang didapat juga akan tetap diberikan penuh selama satu bulan.

Pemberian gaji penuh ini juga bahkan sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Dal;am aturan itu disebutkan jika, selama menggunakan hak atas cuti karena alasan penting maka penghasilan yang akan diberikan juga tetap.

Apalagi jika pengajuan cuti ini masih di dalam cuti luar tahunan negara. Maka yang bersangkutan tidak akan mendapatkan penghasilan secara penuh.

4. Selain Gaji Dapat Tunjangan Juga

Selain mendapatkan gaji, para PNS juga akan tetap mendapatkan tunjangan. Adapun tunjangan yang akan didapatkan seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan.

Pemberian tunjangan dan gaji secara penuh ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur gaji, tunjangan, dan fasilitas PNS.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini