Virus Korona Covid-19 Menyebar Pukul Pertumbuhan Ekonomi Global

Irene, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 20 2176473 virus-korona-covid-19-menyebar-pukul-pertumbuhan-ekonomi-global-Ghyt2W3wso.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Moody's berpendapat dampak virus korona akan memicu terjadinya resesi global pada paruh pertama tahun 2020. Hal ini menyusul Covid-19 yang telah menyebar ke penjuru Eropa.

Baca Juga: Virus Korona Masuk Amerika, The Fed Diramalkan Turunkan Suku Bunga

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee memberi perkiraan serupa. Pihaknya memastikan dampak virus korona akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi global akan terdepak pada kuartal pertama tahun 2020.

"Kami perkirakan wabah virus corona berhasil ditanggulangi tetapi pertumbuhan global pada kuartal pertama tahun 2020 pasti akan terpukul turun," ujar Hans Kwee dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Minggu (1/3/2020).

Baca Juga: OJK Beri Lampu Hijau, Buyback Saham Selamatkan IHSG

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berpendapat virus korona berpotensi menjadi pandemi. Di mana, kini WHO berpendapat epidemi virus korona telah mencapai titik puncaknya di China.

Kekhawatiran perluasan penyebaran virus di negara-negara lain kemudian menimbulkan kekhawatiran para pelaku pasar. Bursa saham kawasan Eropa pun turut mengalami tekanan.

Hal ini terjadi setelah virus korona telah memasuki kawasan Eropa. Dimana Estonia, Denmark, dan Yunani telah melaporkan satu kasus pertamanya. Inggris melaporkan dua kasus baru terkait Covid-19. Tidak hanya itu, korona juga ditemukan di Austria, Swiss dan Spanyol.

Perancis saat ini telah mengkonfirmasi kematian keduanya tekait virus korona. Dan di Italia yang menjadi perhatian utama menyusul korona telah menyebar dengan cepat di bagian selatan negara tersebut, kini telah ada 600 orang yang positif terjangkit Covid-19. Korban jiwa di Italia telah mencapai 12 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini