nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stimulus The Fed soal Covid-19 Tak Ampuh, Wall Street Anjlok

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 07:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 24 278 2188020 stimulus-the-fed-soal-covid-19-tak-ampuh-wall-street-anjlok-0XM83JnWFW.png Wall Street (Foto: Reuters)

JAKARTA - Wall Street anjlok pada perdagangan Senin waktu setempat meski langkah stimulus The Fed untuk menopang kredit di seluruh ekonomi tidak terbukti cukup untuk menenangkan kekhawatiran investor soal penyebaran virus corona atau coronavirus (Covid-19) yang begitu cepat.

Melansir Reuters, Jakarta, Selasa (24/3/2020), indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 3,04% menjadi 18.591,93, indeks S&P 500 turun 2,93% menjadi 2.237,4 dan indeks Nasdaq Composite turun 0,27% menjadi 6.860,67.

Setelah The Fed memangkas suku bunga mendekati nol, The Fed juga akan memberikan pinjaman untuk mahasiswa dan pinjaman kartu kredit, serta mendukung pembelian obligasi korporasi dan memberikan pinjaman langsung kepada perusahaan.

Namun, stimulus ini kurang ampuh ketika adanya penambahan pasien positif virus corona. Apalagi, 13 dari 50 negara bagian AS telah memberlakukan pembatasan pada pergerakan orang untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pembatasan ini sama seperti yang dilakukan dengan negara-negara Eropa yang paling banyak menelan korban corona seperti Italia dan Spanyol .

Ancaman yang ditimbulkan dari lockdown tersebut akan menghentikan hampir seluruh kegiatan ekonomi dan lebih berdampak pada ekuitas AS dan mendorong beberapa analis untuk memangkas perkiraan pertumbuhan mereka.

"Apa yang dilakukan Fed itu penting karena memang membantu di pasar kredit. Tetapi itu tidak cukup dari perspektif pasar ekuitas," kata Willie Delwiche, ahli strategi investasi di Robert W. Baird di Milwaukee.

"Apa yang kita butuhkan sekarang adalah kepemimpinan di luar Kongres untuk meloloskan semacam RUU stimulus, karena apa yang dilakukan Fed adalah meredakan beberapa masalah, tetapi itu tidak cukup untuk menyelesaikan untuk menyelesaikan apa yang ada di sana."

Para investor berharap Senat AS akan meloloskan paket stimulus ekonomi coronavirus yang berjangka panjang pada akhir pekan.

Tetapi Demokrat dan Republik gagal mencapai kesepakatan pada hari Senin sehingga paket stimulus USD2 triliun (£ 1,73 triliun) gagal untuk maju di Senat karena Demokrat mengatakan itu berisi terlalu sedikit uang untuk negara bagian dan rumah sakit dan tidak cukup pembatasan dana untuk membantu bisnis besar.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini