nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Langka, Impor Gula Akan Tiba Plus Ada Suplai Industri

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2020 14:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 25 320 2188793 sempat-langka-impor-gula-impor-akan-tiba-plus-ada-suplai-industri-dT1LyHSph5.jpg Stok Gula Menitipis sehingga Harganya Naik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gula menjadi salah satu bahan pangan yang harganya sedang mahal, karena stoknya menipis. Maka dari itu, pemerintah menambah jumlah kuota impot gula konsumsi sebanyak 550 ribu ton.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan, saat ini pemerintah sedang mempercepat impor gula konsumsi. Di mana dalam waktu dekat akan tiba 216 ribu ton gula impor.

"Gula memang agak berkurang. Kami pemerintah sedang melakukan penambahan pasokan. Akhir bulan ini impor yang sudah kami berikan 216 ribu ton dari izin impor 550 ribu ton. Artinya kebutuhan nasional 1 bulan sebesar 229 ribu ton, jadi cukup unuk kebutuhan bulan Juni," ujarnya, dalam telekonferensi, Rabu (25/3/2020).

Selain itu, dalam upaya mempercepat pasokan gula dalam negeri, akan diubah gula rafinasi untuk kebutuhan industri makanan dan minuman (mamin) sebanyak 250 ribu ton. Ini akan diolah menjadi gula kristal putih.

"Gula rafinasi ini sudah berada di pabrik-pabrik di Indonesia jadi tidak membutuhkan waktu, sedang dalam proses beberapa produsen rafinasi 250 ribu ton menjadi kristal putih sesuai standar konsumsi mayarakat," ujarnya.

Menurutnya, proses pengolahan gula rafinasi menjadi gula kristal putih tidak lama, Artinya, dengan penambahan 250 ribu ton gula kristal putih dan sebelumnya dari impor ada 216 ribu ton, maka kebutuhan masyarakat bisa segera dipenuhi.

"Menurut pelaku usaha untuk mengubah (gula rafinasi menjadi kristal putih) hanya butuh wkatu tiga atau tujuh hari. Sehingga dalam akhir bulan ini betul-betul setok gula tercukupi. 216 ribu ditambah 250 ribu itu sudah cukup untuk bulan depan," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini